PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI PASAR MODAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGKALAN LAMPAM

Yuyun Lestari

Abstract


ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Mempelajari Think Phair Share Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam”. Populasi penelitian ini berjumlah 191 responden dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 60 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas data dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji uji t. Berdasarkan analisis data diketahui; 1) Hasil tes siswa kelas eksperimen, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 65 dengan rata-rata nila 85,15. Sedangkan hasil tes siswa kelas kontrol, diketahui bahwa nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah adalah 55 dengan rata-rata 77,03. 2) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai t hitung  = 13, 28 lebih besar dari pada t tabel = 1,667. Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi materi pasar modal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam.


Keywords


Think Pair Share, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. ( 2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

haris, J. A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Lestari, N. D. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Dalam Penerapan Konsep Psikologi Kapital Intelektual Dengan Kapital Sosial Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Neraca : Jurnal pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi,1(1).

Sugiyono. ( 2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Jurnal Penddidikan Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License