Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan membuat produk daur ulang siswa SMA
Abstract
This study uses secondhand goods, especially plastic waste. The choice of plastic waste is based on the fact that plastic cannot be decomposed and therefore requires a special disposal method called recycling. Project-based learning has many advantages, especially in the context of product development. The purpose of this study is to investigate the impact of project-based learning models on students' product recycling capabilities. The survey method used a control group design that was not equivalent to the quasi-experimental design. The research tool uses the project evaluation rubric. Results based on the data analysis performed, it was found that the significance value (sig) was 0.001, meaning less than 0.05. This means that there is a significant impact between project-based learning and the student's ability to manufacture recycled products. In addition, while applying the learning, we found several things: (1) students find new things related to discovery and problem-solving. (2) students practice problem management. (3) students practice translating problems into possibilities, and (4) students practice good cooperation.
Penelitian ini memanfaatkan barang bekas terutama sampah plastik. Penentuan topik sampah plastik didasarkan pada fakta bahwa plastik tidak dapat diuraikan sehingga memerlukan metode khusus dalam pengolahannya, yaitu melalui daur ulang (recycle). Pembelajaran berbasis proyek memiliki banyak kelebihan, terutama yang berhubungan dengan pembuatan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan membuat produk daur ulang siswa. Metode penelitian menggunakan desain kelompok kontrol yang tidak setara dengan desain eksperimen semu. Instrumen penelitian menggunakan rubrik penilaian produk. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan, ditemukan bahwa nilai signifikansi (sig) adalah 0,001 yang berarti kurang dari 0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis proyek dengan kemampuan membuat produk daur ulang pada siswa. Selain itu, selama penerapan pembelajaran ditemukan beberapa hal, antara lain yaitu: (1) siswa menemukan hal baru mengenai identifikasi dan pemecahan masalah; (2) siswa berlatih tentang manajemen pengelolaan masalah; (3) siswa berlatih bagaimana mengubah masalah menjadi potensi; dan (4) siswa berlatih kerjasama dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Y. (2017). Meningkatkan kreativitas dan capaian kompetensi pembelajaran Geografi dengan model project based learning di SMA Negeri 3 Mandau. Jurnal Geografi, 6(1), 68. https://doi.org/10.24036/¬GEOGRAFI/VOL6-ISS1/180
Anggraini, D., Tampubolon, B., & Tipaanasi, P. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning pada pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4), 1–9.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badriya, H., Zulfan, S., & Suardi, T. (2020). Implementasi program Reduce, Reuse, Recycle (3R) Bank Sampah Permatra Bunda dalam pengelolaan sampah di lingkungan Sekolah Menengah Atas Kecamatan Pangkalan Kerinci. Jurnal Ilmu Lingkungan, 1, 142–152.
Baidowi, A., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah Geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(1), 48–58. https://doi.org/10.17977/-um017v20i12015p048
Desimah, D., Rafiuddin, R., & Dali, A. (2019). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan literasi sains Kimia siswa kelas XI pada materi pokok koloid. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 4(3), 191–200.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa kelas X mata pelajaran Biologi di SMAN 1 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.
Irawan, L. Y. (2014). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan menginterpretasi citra penginderaan jauh siswa MA. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning model) pada pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 116319.
Kurniasari, R. (2019). Peningkatan Ecoliteracy Siswa Melalui Kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 1–9.
Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi ekosistem terhadap sikap dan hasil belajar siswa SMAN 2 Malang. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i1.179
Mahmudah, M. (2016). Urgensi di antara dualisme metode pembelajaran ceramah dalam kegiatan belajar mengajar untuk siswa MI/SD. Cakrawala, XI(1), 116–129.
Marlinda, N. L. P. M. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(2), 37–39.
Muis, A. A. (2013). Prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 29–38.
Nuha, D. N., Febriana, B. W., & Merdekawati, K. (2019). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap prestasi belajar dan kemampuan kerjasama pada materi larutan penyangga. (Online), https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/12345678.
Nurhadi, A. R., Utaya, S., & Handoyo, B. (2018). Pengaruh model project based learning dan gaya berpikir terhadap kemampuan memecahkan masalah mahasiswa Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 974–979.
Oktavianto, D. A., Sumarmi, S., & Handoyo, B. (2017). The Effect of project-based learning assisted google earth to spatial thinking skills. Jurnal Teknodik, 21(1), 1–15.
Prastowo, P. (2016). Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap penggunaan lahan perkotaan pendekatan spatial econometrics: Studi kasus perkotaan DIY, 2011. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 17(1), 22–30. https://doi.org/10.18196/jesp.17.1.2458
Priliantini, A., Krisyanti, K., & Situmeang, I. V. (2020). Pengaruh kampanye #PantangPlastik terhadap sikap ramah lingkungan (survei pada pengikut Instagram @GreenpeaceID). Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 9(1), 40. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.2387
Putra, S. E., Supriyadi, S., & Rapani, R. (2014). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pedagogi, 2(4), 97.
Sumarmi, S. (2012). Model-model pembelajaran Geografi. Aditya Media Publishing.
Surono, U. B. (2013). Berbagai metode konversi sampah plastik menjadi bahan bakar minyak. Jurnal Teknik, 3(1), 32–40.
Tinenti, Y. R. (2018). Model pembelajaran berbasis proyek dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Turyantana, I. K. (2013). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan tercapainya ketuntasan hasil belajar menulis karya ilmiah siswa kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Seririt. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 1–15.
Utami, Y., & Sumarni, W. (2016). Kontribusi pembelajaran berbasis proyek terhadap life skill siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1).
Zulfa, V., Max, M., Hukum, I., & Ilyas, I. (2016). Isu-isu kritis lingkungan dan perspektif global. Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan, 5(1), 29–40. https://doi.org/10.21009/jgg.051.03.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v27i12021p63-72
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
JPG Indexed By:
View My Stats