Problematika Penanaman Nilai-Nilai Karakter saat Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Fransiskus Sehadun, Umi Dayati, Rosyid Al Atok

Abstract


This study aimed to describe the problems of instilling character values in online learning during the COVID-19 pandemic. The approach used is qualitative with case studies. The research results show that the character of students during the pandemic learning period faced problems including a lack of discipline and responsibility. Problems with instilling character values during learning are: not having found the right character education method, low response from Package C students, poorly understood material, limited facilities and infrastructure supporting online learning, and difficulty adjusting the learning schedule for all students.

Keywords


Problems, Values, Character, COVID-19, non-formal education

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, M., Prawening, C., & Samiaji, M. H. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kesetaraan Paket C Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 107-116. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/17535.

Almaidah, S. 2017. Analisis Efektivitas Kinerja Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Berbasis Masyarakat. Media Ekonomi dan Manajemen, 32(2). http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/fe/article/download/541/545.

Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 28-37. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/559/313.

Arfin. M. (2017). Implementasi Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Pada Sd Negeri Manuriki Makasar. Thesis, Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Arifin, H. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Widya Balina, 5(1), 1-12. Http://Journal.Staidenpasar.Ac.Id/Index.Php/Wb/Article/View/47.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. Http://E-Journal.Undikma.Ac.Id/Index.Php/Pedagogy/Article/View/2941.

Basar, A. M. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus Di Smpit Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.

Https://Edunesia.Org/Index.Php/Edu/Article/View/112.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140. Https://Journal.Ptiq.Ac.Id/Index.Php/Iq/Article/View/57.

Damayani, G. A. U. P., Istiningsih, S., & Nurwahidah, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 99-105. Http://Prospek.Unram.Ac.Id/Index.Php/Renjana/Article/View/222.

Gultom, A. M., Nevrita, N., & Irawan, B. (2022). Persepsi Dan Problematika Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Zoom Meeting Pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Student Online Journal (Soj) Umrah-Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 420-426. Https://Soj.Umrah.Ac.Id/Index.Php/Sojfkip/Article/View/1533.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Komaruddin & Yooke Tjuparmah S. 2000. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Laji, K. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Di Smp Pada Masa Pandemi Covid–19. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(1), 14-27. Https://Journal.Stkipsingkawang.Ac.Id/Index.Php/Jurnalpipsi/Article/View/2628.

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54-61. Https://Ejournal.Uksw.Edu/Satyawidya/Article/View/4988.

Mawaddah, M. 2021. Problematika Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn 3 Bandaraya (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab. Http://Eprints.Uniska-Bjm.Ac.Id/8737.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Muninggar, A. M., Nugroho, F. A., Hadi, D. A., & Umayah, L. (2021). Dampak Disrupsi Pendidikan Karena Pandemi Covid-19 Di SMA Muhammadiyah 2 Pemalang. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 65-76. https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14319

Muslich. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan KrisisMultidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Novianto, G. D., Herman, D. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh Bagi Pendidik Dan Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 98-111. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jippsd/Article/View/112590.

Novitasari, Y., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2018). Respons Afektif Pebelajar Terhadap Pemberian Tugas Pada Pembelajaran Blended. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 85-94. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jktp/Article/View/3611.

Nurchaili, N. (2010). Membentuk Karakter Siswa melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 233-244. https://media.neliti.com/media/publications/138747-none-c7544fe9.pdf.

Ramadhani, F. G. (2012). Upaya Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Belajar Program Kejar Paket C Di PKBM Ubaya Mukti Kelurahan Purbalingga Kulon Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Journal Of Nonformal Education And Community Empowerment, 1(1). Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jnfc/Article/View/2785.

Rasmuin, R., & Ilmi, S. (2021). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus Di Man 2 Banyuwangi. Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (Ijies), 4(1), 17-36. Https://Ejournal.Iai-Tribakti.Ac.Id/Index.Php/Ijies/Article/View/1629.

Robby, S. K. I., Abdilah, D., & Faiz, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19: Proses Pembelajaran Dan Hambatan. Jurnal Education And Development, 10(1), 234-239. Http://Journal.Ipts.Ac.Id/Index.Php/ED/Article/View/3366.

Rochman, M. T., Marijono, M., & Imsiyah, N. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Partisipasi Warga Belajar Dalam Program Keaksaraan Fungsional di Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 21-24. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/view/8068.

Saleh, A. M. 2020. ‘Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia’, Jurnal Pendidikan, 2(2), pp. 24–24. https://osf.io/preprints/pg8ef/.

Setiawan, F., & Martati, B. (2022). Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 10(2), 174-183. https://ojs.unars.ac.id/index.php/pgsdunars/article/download/1413/880.

Shadiqien, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Daring Dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1). Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Mutakallimin/Article/View/3573.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disearse (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan.

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568-577. Https://Ejournal.Unma.Ac.Id/Index.Php/Educatio/Article/View/2071.

Ula, S., Afifa, A. N., & Azizah, S. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Teknologi Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di Man 2 Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 54-66. Https://Alveoli.Iain-Jember.Ac.Id/Index.Php/Alv/Article/View/35.

Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan.

WHO. 2020. Coronavirus disease 2019 (COVID-19). https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html.

Wiratama, N. A. (2020). Penerapan Google Meet Dalam Perkuliahan Daring Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Pkn Sd Saat Pandemi Covid 19. Jtiee, 4(2), 1-8. Http://Journal.Umg.Ac.Id/Index.Php/Jtiee/Article/View/2152.

Yasir, M. I., & Indra, S. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Selama Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelurahan Pamoyanan. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 105-115.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um019v8i3p225-233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  

View My Stats