The Effect of Scramble Media on Improving The Ability to Compose Simple Sentences of Deaf Students

Novia Kelana Putri, Priyono Priyono, Mahardika Supratiwi

Abstract


This study aims to determine the effect of Scramble media on improving the ability to compose simple sentences for deaf students in class IV B at Sekolah Khusus Tunarungu Surakarta. This study used an experimental approach in the form of pre-post experimental design one group pre test-post test design. The subjects in this study were all deaf students totaling 6 students. This study uses a sampling technique that is non-probability sampling. The technique used in data collection is a written test in the form of multiple choice objective tests. Data analysis technique used is non-parametric statistics with Wilcoxon Sign Rank Test. The results of descriptive analysis obtained the average value of the post test is greater than the pre-test value, namely 57.80 to 88.33. Furthermore, the results of the analysis of the Wilcoxon Sign Rank Test showed that the Zhitung value was -2.214 and the Asymp- Sig (2-tailed) was 0.027 with a significance level (α) of 0.05 or 5%. It can be concluded that Asymp-Sig (2-tailed) is smaller than the significance level or 0.027 <0.05 (α).

Keywords


Effect; scramble; simple sentences; deaf students

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, Yulia. 2019. “Analisis Variasi Struktur Kalimat Dalam Grup Whatsaapp Tnarungu.” Seminar Nasional Riksa Bahasa XIII.

Ariyanto, Metta. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble.” Profesi Pendidikan Dasar 3(2). doi: 10.23917/ppd.v3i2.3844.

Atmaja. 2018. Pendidikan Dan Bimbingan Siswa Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Christine, Jelyna. 2019. “Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini 3(2). doi: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v3i2.4616.

Fakhiratunnisa, Safira Aura, Asyharinur Ayuning Putriana Pitaloka, and Tika Kusuma Ningrum. 2022. “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus.” MASALIQ 2(1). doi: 10.58578/masaliq.v2i1.83.

Fauziah, Ayu Yulistyani, and Rizqi Fajar Pradipta. 2018. “Implementasi Metode Sosiodrama Dalam Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI.” Jurnal ORTOPEDAGOGIA 4(2). doi: 10.17977/um031v4i12018p082.

Hilda Hadian, Latifah, Sugara Mochamad Hadad, and Ina Marlina. 2018. “Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 4(2). doi: 10.36989/didaktik.v4i2.73.

Isnaini, M. 2015. “Pemikiran Pendidikan Anak.”

Khairun Nisa, Sambira Mambela, and Luthfi Isni Badiah. 2018. “Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Abadimas Adi Buana 2(1). doi: 10.36456/abadimas.v2.i1.a1632.

Khairunisa Rani, Ana Rafikayati, and Muhammad Nurrohman Jauhari. 2018. “Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Abadimas Adi Buana 2(1). doi: 10.36456/abadimas.v2.i1.a1636.

Kurniawan. 2017. “Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture.” 26(9):1689–99.

Liza, Nurhaliza, Eko Kuntarto, and Ade Kusmana. 2020. “Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa.” Jermal 1(2). doi: 10.31629/jermal.v1i2.2214.

Maros, Hikmah, and Sarah Juniar. 2017. “Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Kalimat.” Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Nugroho, Gregorius Bambang. 2022. “Asesmen Dan Intervensi Pendidikan Bagi Siswa Dengan Hambatan Pendengaran.” Psiko Edukasi 20(1). doi: 10.25170/psikoedukasi.v20i1.3423.

Rachmawati, Suhairiah, Imam Muchtar, and Umar H. M. Shaleh. 2014. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran PKn Materi Pokok Demokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble Di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso.” Jurnal Edukasi 1(1).

Rahmah, Siti, Lia Yuliati, and Edy Bambang Irawan. 2017. “Penguasaan Konsep Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM 3(1).

Riana, Riana, and Lasman Gulo. 2022. “Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(2). doi: 10.56248/educativo.v1i2.74.

Ridha, Nikmatur. 2017. “Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian.” Jurnal Hikmah 14(1).

Scramble, M. 2015. “Pengaruh Penerapan Metode Scramble Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Anak Tunarungu Kelas V SDLB-B Dharma Wanita Sidoarjo.” Universitas Negeri Surabaya.

Sintya, Aulia, and Sopingi. 2017. “Permainan Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Siswa Tunarungu.” Jurnal Ortopedagogia 3.

Solikhatun, Yanuar Umi. 2013. “Penyesuaian Sosial Pada Penyandang Tunarungu Di SLB Negeri Semarang.” Educational Psychology Journal 1.

Sudarmi, Sudarmi, and Burhanuddin Burhanuddin. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman Siswa KelaS XI SMA NEGERI 11 Makassar.” Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra 1(1). doi: 10.26858/eralingua.v1i1.2991.

Sugono. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia Dengan Benar. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sumira, Dika Zuchdan, Deasyanti Deasyanti, and Tuti Herawati. 2018. “Pengaruh Metode Scramble Dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary Education 2(1). doi: 10.17509/ijpe.v2i1.11673.

Tria, Aprianto, and Badawi Achmad. 2017. “Sistem Koreksi Kata Dan Pengenalan Struktur Kalimat Berbahasa Indonesia Dengan Pendekatan Kamus Berbasis Levenshtein Distance.” Jurnal SPIRIT 9(1).

Yeta, Riza Asri, and Mega Iswari. 2018. “Efektivitas Media Sentence Scramble Games Dalam Meningkatkan Kemampuan Sintaksis Bagi Anak Tunarungu.” Jurnal Penelitian Pendidian Kebutuhan Khusus 6.

Yodeska, Yolla Karchia, and Nursaid Nursaid. 2020. “Struktur Kalimat Dan Diksi Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 12 Padang.” Pendidikan Bahasa Indonesia 8(3). doi: 10.24036/108242-019883.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v11i12024p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics