PENGARUH LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH (LEA) PADA KEMAMPUAN MEMBACA ANAK LAMBAN BELAJAR

Oktaviani Dewi Nur Hidayah,, Ahmad Samawi

Abstract


The purpose of this research was to describe the implementation process of the LEA and to determine LEA’s influence on reading ability of slow learner. The research used an experimental method with a Single Subject Research form (SSR) A-B design. Data were analyzed by using a visual analysis of graphic technique. The results of research showed a LEA influence on reading ability. This condition was shown by reading ability evaluation at baseline (A) condition ranged from 60 % to 68 % and intervention (B) condition increased to 86 % to 92 %. Conclusion of this research is the LEA implemented using child experiences as the basis for reading material development. The teacher will help student to develop his reading by using pictures, flashcards, sentence cards, as well as ask a few questions. In addition, the results of this research concluded that LEA has an influence on reading ability. It can improve the reading ability of slow learner.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan LEA dan mengetahui pengaruh LEA pada kemampuan membaca anak lamban belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh LEA pada kemampuan membaca. Keadaan ini ditunjukkan pada penilaian kemampuan membaca anak lamban belajar pada kondisi baseline (A) berkisar antara 60% hingga 68% dan pada kondisi intervensi (B) mengalami peningkatan menjadi 86% hingga 92%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu LEA dilaksanakan dengan menggunakan pengalaman anak sebagai dasar pengembangan bahan bacaan. Guru akan membantu anak untuk mengembangkan bacaannya dengan menggunakan media gambar, flashcard, dan kartu kalimat, serta mengajukan beberapa pertanyaan. Selain itu dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LEA memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca yaitu dapat meningkatkan kemampuan membaca anak lamban belajar.


Keywords


Language Experience Approach; Membaca; Anak Lamban Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan & Kebudayaan.

Cresswell, J. W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.

Djuanda, D. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Effendi, M. 2008. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hairuddin. 2008. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Hitipeuw, I. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Strong, M.W. & Trayelis-Yurek, E. 2013. Employing LEA Tutoring and Case Studies in Reading Methodology Courses. Language Experience Forum Journal, (Online), 43 (1): 2-7, (http://eduweb.unca.edu/lefj/archive/2013%2043v%201i%20Language%20Experience%20Forum%20Journal.pdf), diakses 8 Januari 2014.

Sunanto, J., Takeuchi, K. & Nakata, H. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Tsukuba: CRICED University of Tsukuba.

Susanto, A. 2009. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Group.

Triani, N. & Amir. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (Slow Learner). Jakarta: Luxima.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i12014p48-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics