PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENGEMASAN SAYUR ORGANIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN SMALB

Reni Dwi Indrawati,, Sudarsini Sudarsini

Abstract


Teachers have obstacles in teaching because it has not had the teaching materials appropriate to the characteristics and needs of students. Characteristics of mild mental retardation students are capable learners, the ability to think concretely and hard thinking, not capable of storing instructions difficult, using simple words and easy to understand, then it requires teachers to develop teaching materials that are innovative, creative, interesting, and contextual. Development of organic vegetable packaging guidebook is intended to produce a product of teaching materials that can assist students in learning activities. This research method is the Research and Development (R & D). The results of this study indicate that the guidebook is valid based on the acquisition scores of the experts are experts teaching materials, materials experts, and prospective users number 84, and effectively used for students with mild mental retardation acquisition score of 85.125%.

Guru memiliki hambatan dalam mengajar karena belum memiliki bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Karakteristik siswa tunagrahita ringan yang mampu didik, kemampuan berfikir kongkrit dan sukar berfikir, tidak mampu menyimpan instruksi sulit, menggunakan kata sederhana dan mudah dipahami, maka hal tersebut mengharuskan guru untuk mengembangkan bahan ajar yang inovatif, kreatif, menarik, dan kontekstual. Pengembangan buku panduan pengemasan sayur organik ini bertujuan menghasilkan suatu produk bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku panduan tersebut valid berdasarkan perolehan skor dari para ahli yaitu ahli bahan ajar, ahli materi, dan calon pengguna sejumlah 84, serta efektif digunakan bagi siswa tunagrahita ringan dengan perolehan skor 85,125%.


Keywords


Buku panduan; pengemasan sayur organik; tunagrahita ringan

Full Text:

PDF

References


AAIDD. 2010. Intellectual Disability (Defini-

tion, Classification, and Systems of Supports). Washington: American Association on Intellectual and Developmental Disabilities.

Akbar, Sa’dun. & Sriwiyana, Hadi. 2011.

Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Cipta Media.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat

Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Eva-

luasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Basriman, Iman. 2010. Pengemasan Dan

Penyimpanan Pangan, Teori Dan Aplikasinya Pada Industri. Universitas Sahid Jakarta.

Beirne-Smith, Mary., Patton James R., and It-

tenbach, Richard. 1994. Mental Retardation (Fourth Edition). New Jersey: Macmillan College Publishing Company.

Efendi, Mohammad. 2008. Pengantar Psikope-

dagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Inanahayu, Yuniastari. 2012. Pengembangan

Media Kalender IPS Di Kelas V SDN Percobaan 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

__________. International Federation Of

Organic Agriculture Movements tentang Definition Of Organic Agriculture, (Online), (http://www.ifoam.org/en/organic-landmarks/definition-organic-agriculture), diakses 7 Januari 2014.

Jannah, Rodlotul. 2013. Merancang

Media Pembelajaran Grafis, (Online), (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=13&cad=rja&uact=8&ved=0CGkQFjAM&url=http%3A%2F%2Frodlotuljannah.files.wordpress.com%2F2013%2F07%2Fmerancang-media-pembelajaran-grafis.pdf&ei=RKVVU6jiNsXi8AWc64CIDQ&usg=AFQjCNEg5WzS4txj6cZ8RoYpvvpxbZXC3Q&bvm=bv.65058239,d.dGc), diakses tanggal 10 April 2014.

Mangunsong, Frieda. 1998. Psikologi dan

Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Mastiani, Emay. 2013. Program Keterampilan

Kerja Mengemas Produk Pertanian Bagi Tunagrahita Ringan Kelas XI di SLB Sukagalih Lembang Bandung Barat, (Online), (http://repository.upi.edu/2755/), diakses 10 Desember 2013.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Mebuat

Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sadiman, Arief S. (dkk). 2008. Media Pendi-

dikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidi-

kan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syadih. 2010. Metode Pe-

nelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukotjo. 2013. Anak dengan Hambatan Kecer-

dasan. Makalah disajikan dalam Pelatihan Guru Pendidikan Inklusi di Kabupaten Rembang Tahap I, Rembang, 13 Desember.

Yulianti, Winda. 2009. Pengusahaan Sayuran

Organik Wortel (Daucus carota L.) dan Petsai (Brassica chenensis L.) di Yayasan Bina Sarana Bakti, Cisarua-Bogor. Skripsi, (Online), (http://repository.upi.edu/2755/), diakses tanggal 10 Desember 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i12014p83-88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa



Journal "Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa" Indexing by:

    

Journal JPPPLB" Statistics