IDENTIFIKASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MAHASISWA CALON GURU IPA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2016 MELALUI KEGIATAN KULIAH PRAKTIK LAPANGAN (KPL) BERBASIS LESSON STUDY

Erni Yulianti, Novida Pratiwi

Abstract


Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan perpaduan antara pemahaman materi (content knowledge) dan pemahaman cara mendidik (pedagogical knowledge) yang harus dimiliki oleh guru. Untuk menyiapkan kemampuan pedagogik dan profesional mahasiswa calon guru IPA maka prodi IPA FMIPA UM menerapkan KPL (Kuliah Praktik Lapangan) berbasis lesson study. Lesson study merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pedagogik mahasiswa calon guru IPA. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil observasi kompetensi PCK mahasiswa yang meliputi kemampuan dalam merancang pembelajaran, kemampuan dalam mengelola pembelajaran, kemampuan dalam penguasaan materi, dan kemampuan umum PCK mahasiswa calon guru IPA. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi kompetensi PCK mahasiswa calon guru IPA. Persentase kemampuan mahasiswa calon guru IPA FMIPA UM dalam membuat perencanaan pembelajaran, kemampuan dalam mengelola pembelajaran, penguasaan konten (kemampuan profesional), dan total persentase PCK (Pedagogical Content Knowledge) mahasiswa calon guru,secara berturut-turut adalah 88,78%, 85,66%, 86,90%, dan 87,15%.


Keywords


pedagogik; penguasaan materi; lesson study

Full Text:

PDF

References


Brophy, Jere E. 2010. Motivating Students to Learn, Third Edition, Taylor & Francis, UK.

Hamidah, D., Nuryani, Y., Rustaman., Made A.M. 2011. Pengembangan Profesional Guru Biologi SMA Melalui Penerapan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Pada Materi Genetika. Jurnal Pendidikan IPA. Vol 12, No 2, Oktober 2011.

Hewitt, Paul G & etc. 2007.Conceptual Integrated Science. Pearson Education: US.

Insih wilujeng. 2012. Redesain Kurikulum S1 Pendidikan IPA Menuju Standards for Secondary Science Teacher Preparation. Artikel Seminar Nasional ISPI.

Loughran, J., Amanda, B., & Pamela, M. 2012. Understanding and Developing Science Teacher’s Pedagogical Content Knowledge 2nd Edition.

NSTA. 2003. Standards for Science Teacher Preparation. Revised 2003.

Rosnita. 2011. Standar Pendidikan untuk Calon Guru Sains: pedagogi Materi Subjek sebagai Sarana Pengembangan Konten Pedagogi Calon Guru. Jurnal Cakrawala Kependidikan. Vol.9(2).

Slamet, Mulyana. 2007. Lesson study. Kuningan: LPMP-Jawa Barat.

Sumar, Hendayana. 2006. Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Susilo, H; Husnul, C; Ridwan J; Jumiati, Y. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Bayumedia.

Trefil, James & Hazen Robert. 2007. The Sciences, An Integrated Approach. USA: John Wiley and Sons, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i2p1-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats