IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP TEKANAN ZAT SISWA KELAS VIII-C SMPN 1 KARANGPLOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep tekanan zat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil identifikasi miskonsepsi yang telah dilakukan ditemukan 9 miskonsepsi yang dialami siswa sebagai berikut: (1) Tekanan suatu benda dipengaruhi oleh luas permukaannya. Semakin besar luas permukaan benda maka tekanan yang dihasilkan semakin besar (33,33 persen), (2) Penampang wadah dan ukuran benda mempengaruhi tekanan hidrostatis (36,67 persen), (3) Benda akan tenggelam dalam zat cair, jika massa zat cair lebih kecil dari massa benda (23,33 persen), (4) Benda akan tenggelam dalam zat cair, jika gaya angkat ke atas lebih kecil daripada berat benda (30 persen), (5) Benda akan terapung dalam zat cair, jika massa jenis zat cair lebih kecil dari massa benda (40 persen), (6) Besar gaya pada piston berhubungan sama besar karena gaya yang diberikan sama besar (46,67 persen), (7) Osmosis terjadi pada saat molekul-molekul pelarut berpindah dari larutan berkonsentrasi rendah ke larutan yang berkonsentrasi tinggi sampai konsentrasi kedua pelarut setimbang (36,67 persen), (8) Makhluk hidup mengalami proses difusi jika terjadi perbedaan partikel yang ada di udara dan partikel di dalam tubuh (40 persen), (9) Tanaman dapat menyerap air walaupun tidak memiliki akar karena adanya tekanan pada bagian bawah batang tanaman (23,33 persen).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akarsu, B. (2011). Evaluating College students’Conceptual Knowledge of Modern Physics: Test of Understanding on Concepts of Modern Physics (TUCO-MP). European J of Physics Education. (2) (1). (Online), (http://files.eric.ed.gov), diakses 30 Januari 2017.
Al-Balushi, S., Ambusaidi, A. K., Al-Shuaili, A. H., & Taylor, N. (2012). Omani Twelfth Grade Students Most Comman Misconceptions in Chemistry. Science Education International, 23(3), pp 221-240.
Artun, H. & Costu, B. (2011). Unveiling Primary Student-teacer’ Misconceptions about Diffusion and Osmosis. Journal of Turkish Science education,(Online), 8(4):117-127, (http://www.tused.org), diakses 5 september 2016.
Barke, H-D., Hazari, A. & Yitbarek, S. (2009). Misconception in Chemistry. Adressing Preception in Chemical Education. Germany: Springer.
Campbell, R. & Mitchell, L. 2008. BIOLOGI Edisi Kedelapan Jilid 2. (2012). Terjemahan Damaring Tyas Wulandari. Jakarta: Erlangga.
Fariyani, Q. Rusilo., W. & Sugiyono. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengungkapkan Miskonsepsi Fisiska Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education, 4(2). (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise), diakses 8 Januari 2017.
Goszewski, M., Mayor, A., Bazan, Z. & Wagner, DJ. (2012). Exploring Student Difficulties with Pressure in a Fluid. PERC Proceedings, Published by the American Assocition of Physics Teachers under a Creative Commons Atribution.
Horton, C. (2004). Student Preconceptions and Misconceptions in Chemistry. Arizona: Arizonna State University.
Kanli, U. (2015). Using a Two-tier Tes Analyse Student’s and Teachers’ Alternative Concepts in Astronomy. International Council of Association for Science Education, 26(2). (Online), (http://files.eric.ed.gov/fultext/EJ1064041.pdf), diakses 2 Desember 2016.
Mosik, P. M. (2010). Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 2010(6), pp 98-103.
Nailul, M. & Wasis. (2014). Pengembangan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Untuk Menganalisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF).03(02): pp 195 – 200.
Nakiboglu, C. (2003). Instructional Misconception of Turkish Propective Chemistry Teachers about Atomic Orbital and Hybridization. Chemistry Education: Research and Practice, 4(2), pp 171-188.
Odom, A. L. 1993. Action Potential and Biology Textbook Accurate Misconceptions or Avoidance. The American Biologi Teacher, 55(8): 468-472.
Ongga, P., Sanwaty, Y. Rondonuwu, F. S. & Kristiyanto, W. H. (2009). Konsepsi Mahasiswa tentang Tekanan Hidrostatis. Jurnal disajikan pada Seminar Nasional Di Universitas Yogyakarta, Yogyakarta, 16 Mei 2009, diakses 4 Januari 2017.
Puspita, D. 2009. Remidiasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Bahan Kajian Struktur Atom Melalui Penggunaan Sofware Multimedia Interaktif. Skripsi UPI. (Online), (http://respository.upi.edu/skripsiview.php?start=). Diakses 5 Januari 2016.
Serway, Raymond, & John., W., Jr. Penerjemahan Chriswan Sungkono. (2006). Fisika Untuk Sains dan Teknik Buku 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba Teknika.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taber, K.S. (2001). Contructing Chemical Concepts In The Classroom: Using Research To Inform The Practice. Chemistry Education: Research And Practice In Europe 2, pp 43-51.
Treagust, D. F. 1988. Development and Use of Diagnostic Test to Evaluate Students, Misconceptions in Science. International Journal of Science Education, (Online), 10(2): 159-169,(http://www.researchgate.net/profile/David_Treagust2/publication/2489 74662_Development_and_use_of_diagnostic_tests_to_evaluate_students_misconceptions_in_science/links?5486e4b20cf2ef34478d985.pdf), diakses 12 Januari 2017.
Treagust, D. F. (2006). Diagnostic Assesment in Science as a Means to Improving Teaching, Learning and Retention. Makalah disajikan pada UniServe Science Assesment SymposiumProceedings.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Tuysuz, C. (2009). Development of Two-Tier Diagnostic Instrument and Assess Students Understanding In Chemistry. Scientific Research and Essay, 4(6): 626-631.
Wagner, DJ., Carbone, E. & Lindow, A. (2013). Exploring Student Difficulties with Buoyancy. PERC Proceedings, Published by the American Assocition of Physics Teachers under a Creative Commons Atribution.
Wahyuningsing, Tri. (2013). Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisika SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika. (Online). 1(1). (http://eprints.uns.ac.id), diakses 30 januari 2017.
Wismadi, R.H. (2013). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, (Online), 1(17), pp 30-36 (http://eprints.uns.ac.id), diakses pada 2 Desember 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i2p39-50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pembelajaran Sains
Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
