PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE TALKING STICK SISWA KELAS V SDN 2 WATUAGUNG DONGKO TRENGGALEK

Bambang Eko Basuki

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu dengan ceramah dan pemberian tugas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan metode talking stick pada siswa kelas V semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 di SDN 2 Watuagung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar. Sedangkan analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dalam bentuk naratif. Hasil penelitian diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar dari 56,50 naik menjadi 65,00 pada siklus pertama dan 75,00 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 2 siswa pada studi awal, 50 persen atau 10 siswa pada siklus pertama, 19 siswa atau 95 persen pada siklus kedua, sehingga dapat disimpulkan bahwa kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran telah terpenuhi dan tercapai.

Keywords


hasil belajar; talking stick

Full Text:

PDF

References


Abdul, Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baharuddin dan Wahyuni. E.N. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dewi, Rosmala. 2010. Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Pasca Sarjana UNIMED

Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Isjoni, dan Rosmawanty. 2010. Cooperatife Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

N.K, Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

SCP, Indriati., Umi Habibah., Eko Susilowati., Sri Suwarni., Endang Susilowati., Wiyanto. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 5 untuk Kelas 5 SD / MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Sukardi, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Yulianti, Tika. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V pada Siswa SDN 2 Gemblengan Kecamatan kalikotes Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi Tidak Dipublikasikan. FKIP Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i2p34-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pembelajaran Sains

Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Lisensi Creative Commons
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats