PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Jangkang setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri terstruktur pada topik getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Pengambilan data berupa hasil tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis data, didapatkan kesimpulan bahwa prestasi belajar peserta didik meningkat yaitu nilai rata-rata siklus I sebesar 65,69 dan nilai rata-rata siklus II sebesar 73,19. Ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu siklus I sebesar 52,77% dan siklus II mencapai 91,67%. Penelitian penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur ini berpengaruh positif terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Jangkang.
Full Text:
PDFReferences
Amalisna. 2015. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding. Seminar Nasional IPA VI, hal. 921-921.
Ammah, E.S., Dawud, Andajani.K. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Diskusi terhadap Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP N 10 Malang. J-TEQIP. Jurnal Peningkatan Kualitas Guru. Tahun VI Nomor 2: pp. 163-180.
Indriati, Y., Indriwati. S.E. 2012. Implementasi Kegiatan Praktikum Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Jilid 2. Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran, hal. 616-625.
Kemmis, S., M.C.Taggart,R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Mariani. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Kota Batu. Jurnal Kajian Pembelajaran Sekolah. Tahun I Nomor1: pp. 70-85.
Masdalifah. 2014. Pengalaman Berharga Mengembangkan Pembelajaran Cara Kerja Lensa Mata untuk Siswa SMP melalui Lesson Study. J-TEQIP. Jurnal Peningkatan Kualitas Guru. Tahun V Nomor 1: pp. 194-198.
Muslim,K. 2015. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Ilmiah terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Kalor dalam Kehidupan. Prosiding. Seminar Nasional IPA VI, hal. 183-189.
Wardhani, IGAK.,Wihardit,K. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widodo, W., dkk. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yuliati, L. 2011. Restrukturisasi Pendidikan dengan Active Learning. J-TEQIP. Jurnal Peningkatan Kualitas Guru. Tahun II Nomor 1: pp. 22-33
Zubaidah, S., Mahanal,S., Yuliati.L. 2013. Model dan Metode Pembelajaran SMP IPA. Malang: Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v3i1p14%20-%2020
Refbacks
Jurnal Pembelajaran Sains
Study Program of Sciences Education
Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Universitas Negeri Malang
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
