Identifikasi Kesulitan Siswa SMA Pada Materi Gerak Lurus

Yuli Maulidya Pratiwi, Agus Suyudi, Zulmasula Zulmasula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan persoalan gerak lurus. Penelitian dilakukan pada 87 siswa SMA kelas X MIA yang telah menempuh materi gerak lurus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dengan instrumen berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 butir. Hasil tes menunjukkan bahwa skor rata – rata siswa adalah 60,07. Kesulitan yang sering terjadi pada siswa yaitu dalam menyelesaikan persoalan mengenai grafik hubungan jarak dengan waktu dan grafik hubungan kecepatan dengan waktu, peristiwa yang terjadi jika sebuah benda mengalami perlambatan atau percepatan, serta konsep kerangka acuan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam mengatasi kesulitan – kesulitan siswa dalam menyelesaikan persoalan gerak lurus.


Keywords


identifikasi, kesulitan siswa, gerak lurus.

Full Text:

PDF

References


M. Kanginan, “Fisika SMU Kelas 1,” Jkt. Erlangga Nursito, 2002.

L. Puspithasari, “Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan Teknik Probing Prompting terhadap Penguasaan Konsep Gerak Lurus,” SKRIPSI Jur. Fis.-Fak. MIPA UM, 2019.

D. S. Jubaedah, I. Kaniawati, I. Suyana, A. Samsudin, dan E. Suhendi, “Pengembangan Tes Diagnostik Berformat Four-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Topik Usaha dan Energi,” dalam PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 2017, vol. 6, hlm. SNF2017-RND-35–40.

E. V. D. Berg, “Miskonsepsi fisika dan remediasi,” Salatiga Univ. Kristen Satya Wacana, 1991.

J. Klammer, “An Overview of Techniques for Identifying, Acknowledging and Overcoming Alternate Conceptions in Physics Education.,” 1998.

S. T. Opitz, U. Harms, K. Neumann, K. Kowalzik, dan A. Frank, “Students’ energy concepts at the transition between primary and secondary school,” Res. Sci. Educ., vol. 45, no. 5, hlm. 691–715, 2015.

D. I. Rahmatina, S. Sutopo, dan W. Wartono, “Pemahaman Konsep dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA pada Materi Usaha-Energi,” dalam Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 2018, vol. 2.

H. Wahid dan N. Ihsan, “Identifikasi Miskonsepsi Materi Usaha, Gaya Dan Energi Dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Index) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Malangke Barat,” J. Sains Dan Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, 2011.

H. A. Nugraha, “Analisis Miskonsepsi Topik Usaha dan Energi Siswa Kelas XI Setelah Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Simulasi Komputer,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.

D. L. McBride, D. Zollman, dan N. S. Rebello, “Method for analyzing students’ utilization of prior physics learning in new contexts,” Phys. Rev. Spec. Top.-Phys. Educ. Res., vol. 6, no. 2, hlm. 020101, 2010.

I. Widiyanti, Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal - Soal Fisika Pokok Bahasan Gerak Lurus pada Siswa Kelas XA dan Kelas XB SMA Santa Maria Yogyakarta. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: