Analisis Penguasaan Konsep Kelajuan dalam Gerak Lurus Siswa SMA

Rania Nukhba, Anisa Ulfa Yana, Agus Suyudi, Deny Pra Setyo

Abstract


Penelitian ini berfokus pada penguasaan konsep kelajuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa SMA di Kota Malang dengan memanfaatkan quizizz. Hasil dari penelitian ini didapatkan penguasaan konsep kelajuan siswa memiliki skor rata-rata 47,06 dan berada pada kategori sedang. Hasil analisis setiap nomer terdapat 41,18% siswa menjawab benar pada permasalahan konsep dasar kelajuan. Untuk penguasaan konsep kelajuan pada gerak vertikal 44,12% siswa menjawab benar pada soal kedua, 55,88% siswa menjawab benar pada soal ketiga, 47,06% siswa menjawab benar pada soal keempat. Hal ini disebabkan oleh penguasaan konsep yang belum benar sehingga mengakibatkan ketidak konsistenan siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

 

Keywords


kelajuan; quizizz; posisi; gerak vertikal.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud, “Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah,” 2016,” 2016.

A. Pujianto, Nurjannah, and I. W. Darmadi, “Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus,” JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2013.

J. Clement, D. E. Brown, and A. Zietsman, “Not all preconceptions are misconceptions: Finding ‘[1] J. Clement, D. E. Brown, and A. Zietsman, “Not all preconceptions are misconceptions: Finding “anchoring conceptions” for grounding instruction on students’ intuitions,” Int. J. Sci. Educ., vol. 11, ,” Int. J. Sci. Educ., vol. 11, no. 5, pp. 554–565, 1989.

A. Fauziah and Y. Darvina, “Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Dalam Memahami Materi Gerak Lurus Dan Gerak Parabola Pada Kelas X SMAN 1 Padang,” Pillar Phys. Educ., vol. 12, no. 1, pp. 73–80, 2019.

V. Antwi, R. Hanson, and E. R. Savelsbergh, “Students’ understanding of some concepts in introductory mechanics course : A Study in the first year university students , UEW,” Int. J. Educ. Plan. Adm., vol. 1, no. 1, pp. 55–80, 2011.

N. Demirci and P. E. Journals, “Misconception patterns from students to teachers : an example for force and mo ...,” J. Os Sci. Educ., vol. 9, no. 1, p. 55, 2008.

A. A. Elwan, S. M. A. Elwan, and A. Zaman, “Student ’ s Alternative Conceptions of Free-Fall , Speed , Velocity and Acceleration , In High School in Tripoli Libya,” J. Appl. Eniviron. Biol. Sci., vol. 5, no. 12, pp. 322–338, 2015.

G. L. Gray, F. Costanzo, D. Evans, P. Cornwell, B. Self, and J. L. Lane, “The Dynamics Concept Inventory Assessment Test : A Progress Report and Some Results Introduction : What is the DCI and Why are We Creating It History of the DCI,” Eng. Educ., no. January 2005, 2005.

E. A. D. Jugueta, C. K. C. Go, and J. M. M. Indias, “Free fall misconceptions : A comparison between science and non-science university majors,” Lat. Am. J. Phys. Educ., vol. 6, no. Supplemento I, pp. 2–5, 2012.

A. Setiawan, S. Wigati, and D. Sulistyaningsih, “Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020,” pp. 167–173, 2019.

D. Safitri, Sujarwo, and Z. F. F. Putra, “Pemberdayan Kelompok Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Quizizz,” 2019.

I. A. Halloun and D. Hestenes, “The initial knowledge state of college physics students,” Am. J. Phys., vol. 53, no. 11, pp. 1043–1055, 1985.

Z. Matondang, “Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian,” Appl. Mech. Mater., vol. 496–500, no. 1, pp. 1510–1515, 2014.

R. Bajpai and S. Bajpai, “Goodness of Measurement: Reliability and Validity,” Int. J. Med. Sci. Public Heal., vol. 3, no. 2, p. 112, 2014.

W. P. Sari, E. Suyanto, and W. Suana, “Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 2, p. 159, 2017.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,” J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018.

R. . Carin, A.A. & Sund, “Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp,” Delta-Pi J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 27–41, 2016.

S. R. Sunarti, “Penilaian Dalam Kurikulum 2013,” Yogyakarta CV Andi Offset, 2014.

Z. Arifin, “Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik,” Prosedur. Bandung. Remaja Rosdakarya, 2012.

B. Manfaat and S. Nurhairiyah, “Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Statistik Mahasiswa Tadris Matematika,” Eduma, vol. 2, no. 2, 2013.

S. Arikunto, “Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2,” Jakarta Bumi Aksara, 2012.

S. Sofiyah, Susanto, and S. Setiawani, “Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD,” pp. 1–7, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i2p%25p

Refbacks



Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: