Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahan Masalah Fisika Materi Usaha dan Energi

Neng Dyah Surya Pratama, Agus Suyudi, Halimatus Sakdiah, Faisal Bahar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan mendeskripsikan profil kesulitan siswa materi usaha dan energi. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menurut tahapan pemecahan masalah Selcuk, kemampuan pemecahan masalah siswa setiap tahap, yaitu : (1) Pada tahap memahami  masalah 36.5 %. Penyebabnya siswa tidak memahami masalah yang diberikan. (2) Pada tahap merencanakan  solusi 16%. Dikarenakan siswa tidak memahami konsep yang akan digunakan. (3) Pada tahap melaksanakan rencana 11%. Salah menuliskan diketahui dan ditanyakan, mengakibatkan kesulitan dalam melaksanakan rencana yang sudah dibuat. (4) sedangkan,pada tahap memeriksa dan mengevaluasi 0%. Penyebabnya siswa kurang teliti memeriksa kelengkapan jawaban, tanda, satuan, dan nilai.


Keywords


Analisis Kesulitan Siswa, Pemecahan Masalah Selcuk, Usaha dan Energi.

Full Text:

PDF

References


R. Azizah, L. Yuliati, dan E. Latifah, “Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA,” J. Penelit. Fis. Dan Apl. JPFA, vol. 5, no. 2, hlm. 44, Des 2015.

I. Hastuti dan D. T. Rahardjo, “Analisi Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Siswa Kleas X SMA,” J. Meteri Dan Pembelajaran Fis., hlm. 11, 2012.

A. Eriza, T. Djudin, dan D. Mahmuda, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tekanan Zat Cair SMP Negeri 3 Sungai Raya,” Jurrnal Pendidik. Dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 6, hlm. 6, 2017.

A. Tjalla, “Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional,” Temu Ilm. Nas. Guru II Membangun Prof. Insan Pendidik. Yang Berkarakter Dan Berbas. Budaya, hlm. 22, 2010.

OECD, Ed., PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD, 2013.

D. Musdalifah, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika pada Materi Kalor Berdasarkan Teori Polya di Kelas X SMAN 2 Teluk Dalam,” hlm. 112, 2017.

L. A. Effendi, “Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siawa SMP,” Jurrnal Penelit. Pendidik., vol. 13, no. 2, hlm. 10, 2012.

R. Ariawan, “Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” AdMathEdu J. Ilm. Pendidik. Mat. Ilmu Mat. Dan Mat. Terap., vol. 6, no. 2, Des 2016.

B. R. Kurniawan dan M. R. A. Taqwa, “Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis,” J. Pendidik. Teori Penelit. Dam Pengemb., vol. 3, hlm. 7, 2018.

G. S. Selçuk dan S. Çalı, “The Effects of Problem Solving Instruction on Physics Achievement, Problem Solving Performance and Strategy Use,” J. Physic Educ., vol. 2, no. 3, hlm. 16, 2008.

A. Setyono, S. E. Nugroho, dan I. Yulianti, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika Berbentuk Grafik,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 5, hlm. 8, 2016.

M. Sugiarto, B. D. Amin, dan A. Yani, “Studi kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Menurut Langkah Pemecahan Masalah Polya pada Peserta Didik XI IPA SMAN 1 Baraka Kabupaten Rekang,” J. Sains Dan Pendidik. Fis., hlm. 9, 2016.

M. H. Mustofa dan Rusdiana, Dadi, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus,” J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 02, no. 2, hlm. 15–22, Des 2016.

A. Alamsyah, J. Mansyur, dan A. Kade, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Soal Fisika Smp Pada Materi Usaha Dan Energi,” JPFT J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, vol. 6, no. 1, hlm. 40, Mar 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: