Tingkat Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Tumbukan ( Impuls Momentum)

Shinta Dewi Susanti, Fariduz Zaman

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemecahan masalah fisika siswa pada materi impuls momentum .Penelitian dilakukan pada siswa XI MIA SMA AN –NUR  bululawang kabupaten Malang. Sampel dalam penelitian ini terdiri satu kelas yaitu XI MIA 6 yang terdiri dari 23 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data mengenai pemecahan masalah siswapada meteri impuls momentum dilakukan melalui tes. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut Useful description (deskripsi permasalahan)  64% termasuk dalam criteria tinggi (T),  Physic approach (pengenalan konsep)  75%  termasuk dalam criteria sangat tinggi (ST), kemampuan Specific application of physic (penggunaan konsep) dan Mathematical procedure (proses matematis) 76%  termasuk dalam criteria sangat tinggi (ST),dan kemampuan Logical progression (urutan logika)  33%  termasuk dalam criteria rendah (R). Secara keseluruhan poin rata rata yang diperoleh untuk kemampuan pemecahan masalah adalah  62% dimana hal ini tergolong tinggi (T)


Keywords


Tingkat pemecahan masalah, impuls dan momentum

Full Text:

PDF

References


S. Masfuah, “Pictorial Riddle Melalui Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (Arcs) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Berprestasi Siswa,” J. Konseling GUSJIGANG, vol. 2, no. 1, 2016.

D. Sambada, “Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual,” J. Penelit. Fis. Dan Apl. JPFA, vol. 2, no. 2, hlm. 37–47, 2012.

H. Bancong, “Profil Penalaran Logis Berdasarkan Gaya Berpikir Dalam Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 2, no. 2, 2013.

R. Mukhopadhyay, “Problem solving in science learning-some important considerations of a teacher,” IOSR J. Humanit. Soc. Sci., vol. 8, no. 6, hlm. 21–25, 2013.

N. Markawi, “Pengaruh keterampilan proses sains, penalaran, dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisika,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 3, no. 1, 2015.

M. d Hertiavi, H. Langlang, dan S. Khanafiyah, “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 6, no. 1, 2010.

D. Sarkity, “Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Analogi Pada Topik Dinamika Rotasi Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah,” DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarj. UM, 2017.

S. Monika, A. Abdurrahman, dan W. Suana, “Pengaruh Kemampuan Membangun Mode Representasi terhadap Pemecahan Masalah Fisika,” J. Pembelajaran Fis., vol. 2, no. 4, 2014.

D. Prihartanti, L. Yuliati, dan H. Wisodo, “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Konsep Impuls, Momentum, dan Teorema Impuls Momentum,” J. Pendidik. Teori Penelit. Dan Pengemb., vol. 2, no. 8, hlm. 1149–1159, 2017.

J. L. Docktor dkk., “Assessing student written problem solutions: A problem-solving rubric with application to introductory physics,” Phys. Rev. Phys. Educ. Res., vol. 12, no. 1, hlm. 010130, 2016.

M. H. Mustofa dan D. Rusdiana, “Profil kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran gerak lurus,” J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 2, hlm. 15–22, 2016.

M. T. Chi, P. J. Feltovich, dan R. Glaser, “Categorization and representation of physics problems by experts and novices,” Cogn. Sci., vol. 5, no. 2, hlm. 121–152, 1981.

A. Mason dan C. Singh, “Assessing expertise in introductory physics using categorization task,” Phys. Rev. Spec. Top.-Phys. Educ. Res., vol. 7, no. 2, hlm. 020110, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: