Analisis Kemampuan Siswa SMA Kelas XI dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Fluida Statis

Anantya Venny Nadhini, Agus Suyudi, Enjang Mei Nandari, Siska Futihatul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal uraian dengan 5 butir soal pemecahan masalah. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik perhitungan rata-rata. Soal diberikan kepada 22 siswa kelas XI MIA yang telah menempuh mata pelajaran fluida statis. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan terkait kemampuan pemecahan masalah dan masih tergolong rendah. Indikator menerapkan strategi masih tergolong rendah berdasarkan rubrik penilaian. Sehingga diperlukan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.


Keywords


Kemampuan pemecahan masalah; fluida statis

Full Text:

PDF

References


B. Ibrahim dan N. S. Rebello, “Representational task formats and problem solving strategies in kinematics and work,” Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., vol. 8, no. 1, hlm. 010126, Jun 2012.

A. W. Nurcahyo, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton Tentang Gerak Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember Melalui Pembelajaran Cooperative Problem Solving,” DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarj. UM, 2017.

I. Purnamasari, L. Yuliati, dan M. Diantoro, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Fluida Statis,” vol. 2, hlm. 5, 2017.

D. Januarifin, P. Parno, dan A. Hidayat, “Kesalahan siswa SMA dalam memecahkan masalah pada materi Hukum Newton,” Momentum Phys. Educ. J., Apr 2018.

S. Aji, M. N. Hudha, dan A. Rismawati, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika,” SEJ Sci. Educ. J., vol. 1, no. 1, hlm. 36, Mei 2017.

D. Haryani, “Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” hlm. 6, 2011.

T. Gok, “The General Assessment of Problem Solving Processes and Metacognition in Physics Education,” hlm. 13, 2010.

P. D. Amanah, A. Harjono, dan I. W. Gunada, “Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Generatif Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer,” J. Pendidik. Fis. Dan Teknol., vol. 3, no. 1, hlm. 84, Jul 2017.

R. Purwanto dan L. Yuliati, “Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Statis,” vol. 2, hlm. 7, 2017.

P. Ella, “Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan ICT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMAN 1 Turen Pada Materi Fluida Statis . p. 75-77, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: