Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Fisika Pada Konsep Osilasi Pegas-Massa Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI)

Rizqy Nur Ayu Putri, Indah Suryaningrum, Agus Suyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada mahasiswa pendidikan fisika. Sebagai calon guru fisika, idealnya mahasiswa fisika telah siap dan memiliki pemahaman konsep fisika yang mewadahi. Beberapa peneliti sebelumnya berasumsi bahwa fisika merupakan salah satu materi yang tergolong sukar dipahami karena banyak menggunakan notasi matematis. Sehingga banyak mahasiswa fisika yang terindikasi miskonsepsi. Penelitian ini berfokus pada penguasaan konsep osilasi pegas-massa yang memiliki beberapa persamaan matematis. Penelitian ini menggunakan soal jenis three tier-test. Metode analisis miskonsepsi pada penelitian ini menggunakan Certainty of Response Index. Penelitian ini dilakukan pada 23 mahasiswa pendidikan fisika secara langsung. Hasil analisis menunjukkan sebanyak 30,43% mahasiswa mengalami miskonsepsi. Hal ini dikategorikan sebagai miskonsepsi tingkat sedang. Terjadinya miskonsepsi pada penelitian ini diakibatkan penguasaan konsep yang belum benar sehingga mahasiswa tidak konsisten dalam menyelesaikan soal yang telah diberikan.


Keywords


miskonsepsi, osilasi pegas-massa, CRI.

Full Text:

PDF

References


N. S. N. Daud, M. M. A. Karim, and N. A. Rahman, “Misconception and Difficulties in Introductory Physics Among High School and University Students : An Overview in Mechanics,” vol. 2, p. 14, 2015.

S. Atasoy, M. Kucuk, and A. R. Akdeniz, “Remedying science student teachers’ misconceptions of force and motion using worksheets based on constructivist learning theory,” p. 16, 2011.

M. R. A. Taqwa, L. Rivaldo, and R. Faizah, “Problem Based Learning Implementation to Increase The Students’ Conceptual Understanding of Elasticity,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 9, no. 2, Jun. 2019.

I. A. Muna, “Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pgmi Pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI),” Cendekia J. Educ. Soc., vol. 13, no. 2, p. 309, Apr. 2016.

K. Panprueksa, N. Phonphok, M. Boonprakob, and C. Dahsah, “Thai Students’ Conceptual Understanding on Force and Motion,” p. 5.

T. Purniati, K. Yulianti, and R. Sispiyati, “Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Kapita Selekta Matematika,” vol. 9, no. 1, p. 5, 2009.

A. M. Saifullah, S. Sutopo, and H. Wisodo, “SHS Students’ Difficulty in Solving Impulsee and Momenyum Problem,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 6, no. 1, Apr. 2017.

K. Faizah, “Miskonsepsi Dalam Pembelajaran IPA,” . September, no. 1, p. 14.

N. Munfaridah, S. Sutopo, S. Sulur, and A. Asim, “Analisis Miskonsepsi ‘Gerak Dan Gaya’ Menggunakan Instrumen Force Concept Inventory (Fci) Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika,” LENSA Lentera Sains J. Pendidik. IPA, vol. 7, no. 2, pp. 66–75, Feb. 2018.

S. Maulini, Y. Kurniawan, and R. Muliyani, “The Three Tier-Test untuk Mengungkap Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Konsep Gaya Pegas,” JIPF J. Ilmu Pendidik. Fis., vol. 1, no. 2, p. 42, Sep. 2016.

Y. R. Tayubi, “Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI),” Mimb. Pendidik., no. 3, p. 6.

Y. D. Sugara and E. Latifah, “Pemikiran Siswa Ketika Menyelesaikan Soal-Soal Textbook Dan Real-World,” p. 5.

H. Hasnawiyah, U. Wahyono, and D. Darsikin, “Pemahaman Konsep Hubungan antara Arah Gaya, Kecepatan dan Percepatan dalam Satu Dimensi pada Mahasiswa Calon Guru Fisika FKIP Universitas Tadulako,” JPFT J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, vol. 1, no. 3, p. 43, May 2014.

M. Stein, T. G. Larrabee, and C. R. Barman, “A study of common beliefs and misconceptions in physical science,” J. Elem. Sci. Educ., vol. 20, no. 2, pp. 1–11, Mar. 2008.

D. R. Tampang, I. K. Werdhiana, and S. Syamsu, “Analisis Struktur Kognitif Mahasiswa Pada Konsep Hukum Newton,” JPFT J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, vol. 4, no. 1, p. 1, Feb. 2016.

S. Hasan, D. Bagayoko, and E. L. Kelley, “Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI),” Phys. Educ., vol. 34, no. 5, pp. 294–299, Sep. 1999.

D. Kumalasari and A. D. Lesmono, “Dampak Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Di Mts Negeri Jember,” p. 7.

I. Setiani, A. Kade, and H. A. Lamba, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Pengetahuan Awal Yang Berbeda Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas Viii SMP Negeri 9 Palu,” JPFT J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, vol. 1, no. 2, p. 32, May 2014.

D. E. Brown and D. Hammer, “Conceptual Change in Physics,” in International Handbook of Research on Conceptual Change, Routledge, 2013.

M. R. A. Taqwa and D. Pilendia, “Kekeliruan Memahami Konsep Gaya, Apakah Pasti Miskonsepsi?,” vol. 01, no. 02, p. 12, 2018.

R. Muliyani and I. Kaniawati, “Identification of quantity student’s misconception on hydrostatic pressure with three tier-test,” in International Conference on Global Trends in Academic Research (GTAR), 2015, vol. 2, pp. 716–721.

W. Liliawati and T. R. Ramalis, “Identifikasi Miskonsepsi Materi IPBA di SMA dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Index) dalam Upaya Perbaikan Urutan Pemberian Materi IPBA Pada KTSP,” J. Pendidik. Teknol. Dan Kejuru., vol. 4, pp. 156–168, 2008.

T. A. Mustakim, Z. Zulfiani, and Y. Herlanti, “Identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode certainty of response index (cri) pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan,” Edusains, vol. 6, no. 2, pp. 145–152, 2014.

D. Murni, “Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Konsep Substansi Genetika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI),” Pros. SEMIRATA 2013, vol. 1, no. 1, 2013.

I. P. Suwarna, “Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika melalui CRI (Certainty of Response Index) Termodifikasi,” 2013.

R. Mahardika, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan certainty of response index (CRI) dan wawancara diagnosis pada konsep sel,” 2014.

N. W. Setiabudi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Fisika Bahasan Kinematika Gerak Lurus,” Skripsi Univ. Negeri Semarang, 2005.

“Z. Matondang, “Validitas Dan Reliabilitas Suatu... - Google Cendekia.” [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Z.+Matondang%2C+%E2%80%9CValiditas+Dan+Reliabilitas+Suatu+Instrumen+Penelitian%2C%E2%80%9D+Appl.+Mech.+Mater.%2C+vol.+496%E2%80%93500%2C+no.+1%2C+pp.+1510%E2%80%931515%2C+2014.&btnG=. [Accessed: 24-Nov-2019].

R. D. Knight, Physics for scientists and engineers, vol. 1. Pearson San Francisco, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: