Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Surabaya Materi Dinamika Gerak Partikel

Dita Fitrin Nurilyasari, Abu Zainuddin, Putri Ammimasari Hariyanto

Abstract


Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Surabaya pada materi dinamika partikel. Dinamika partikel merupakan materi fisika dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa calon pendidik fisika. Responden dalam penelitian ini berjumlah 38 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah soal dinamika partikel berbentuk essay yang berjumlah 3 soal. Indikator keterampilan pemecahan masalah yang dikuasai oleh mahasiswa masih rendah dengan dibuktikannya prosentase setiap indikator yang rendah juga.


Keywords


Pemecahan Masalah; dinamika partikel; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


D. Sambada, “Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual,” J. Penelit. Fis. Dan Apl. JPFA, vol. 2, no. 2, p. 37, Dec. 2012, doi: 10.26740/jpfa.v2n2.p37-47.

N. D. Setyani, J. Handhika, Cari, “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Multirepresentasi Pada Materi Kinematika Dan Dinamika,” Madiun, IKIP PGRI Madiun, 2016.

C. Hoellwarth, M. J. Moelter, and R. D. Knight, “A direct comparison of conceptual learning and problem-solving ability in traditional and studio style classrooms,” Am. J. Phys., vol. 73, no. 5, pp. 459–462, May 2005, doi: 10.1119/1.1862633.

J. Dostál, “Theory of Problem Solving,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 174, pp. 2798–2805, Feb. 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.970.

R. Azizah, L. Yuliati, and E. Latifah, “Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA,” J. Penelit. Fis. Dan Apl. JPFA, vol. 5, no. 2, p. 44, 2015.

G. Pólya and J. H. Conway, How to solve it: a new aspect of mathematical method, Expanded Princeton Science Library ed. Princeton [N.J.]: Princeton University Press, 2004.

F. D. Utami, E. T. Djatmika, and C. Sa’dijah, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Iv Sdn Blimbing 0,” p. 11.

M. R. A. Taqwa, A. Hidayat, and S. Sutopo, “Deskripsi Penggunaan Program Resitasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membangun Free-Body Diagrams (FBDs),” JPFT J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, vol. 5, no. 1, p. 52, Jun. 2017, doi: 10.22487/j25805924.2017.v5.i1.8411.

K.-P. Reeff, A. Zabal, and C. Blech, “The Assessment of Problem-Solving Competencies. A draft version of a general framework,” diakses melalui: http://www.die-bonn.de/esprid/dokumente/doc-2006/reeff06_01.pdf.

M. R. A. Taqwa, “Profil pemahaman konsep mahasiswa dalam menentukan arah resultan gaya,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, Surabaya, 2017, pp. 79–87.

M. R. A. Taqwa, “Kekeliruan Memahami Konsep Gaya, Apakah Pasti Miskonsepsi?,” J. Inov. Pendidik. Fis. Dan Integrasinya, vol. 1, no. 02, pp. 1–12, 2018.

M. R. A. Taqwa and A. Hidayat, “Deskripsi Penggunaan Program Resitasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membangun Free-Body Diagrams (FBDs),” J. Pendidik. Fis. Tadulako, vol. 5, no. 1, pp. 52–58, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i1p15-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: