Pemahaman Konsep Fisika pada Materi Termodinamika Mahasiswa Pendidikan Fisika melalui Representasi Grafis

Risky Putra Pramudia, Alfina Aprilia Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika pada materi termodinamika. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode survei. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang telah menempuh mata kuliah Fisika Dasar. Pengungkapan pemahaman konsep mahasiswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 5 butir soal dengan representasi grafis. Jawaban mahasiswa pada instrumen tes tersebut dianalisis untuk diketahui rata-rata nilai mahasiswa serta kesulitan mahasiswa yang menyebabkan mahasiswa tidak memahami konsep. Selain itu, didapatkan informasi bahwa mahasiswa memiliki kesulitan dalam menginterpretasi grafik tekanan terhadap volume dan  grafik tekanan terhadap temperatur, sehingga pemahaman konsep mahasiswa menjadi tidak utuh. Hal ini didukung oleh persentase jawaban benar pada soal representase grafis  hanyalah 52%.


Keywords


Pemahaman konsep; termodinamika; representasi grafis

Full Text:

PDF

References


U. Saharsa, M. Qaddafi, and B. Baharuddin, “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika,” J. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 2, pp. 57–64, 2018.

W. EVA SETIAWATI and B. Jatmiko, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA,” Inov. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, 2018.

J. Jamuri, K. Kosim, and A. Doyan, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbasis Multi Media Interaktif terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Termodinamika,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 1, no. 1, 2015.

D. Destalina, M. S. Ali, and P. Palloan, “Efektivitas Penerapan Discovery Learning Pada Pembelajaran Sains Berorientasi Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 13 Makassar,” J. Sains Dan Pendidik. Fis., vol. 15, no. 1, 2019.

B. Waldrip, V. Prain, and P. Sellings, “Explaining Newton’s laws of motion: Using student reasoning through representations to develop conceptual understanding,” Instr. Sci., vol. 41, no. 1, pp. 165–189, 2013.

M. Masrifah, A. Setiawan, P. Sinaga, and W. Setiawan, “Investigasi Kemampuan Representasi Grafik Mahasiswa Fisika Pada Konsep Hukum Newton,” Saintifik@, vol. 3, no. 2, 2018.

S. Azwar, “Reliabilitas dan Validitas edisi 4,” Yogyak. Pustaka Pelajar, 2012.

A. Escobar, M. M. T. Martin, E. P. Ruiz, N. E. Avis, & A. Bilbao, “Cross-cultural adaptation, reliability and validity of the Spanish version of the Quality of Life in Adult Cancer Survivors (QLACS) questionnaire: application in a sample of short-term survivors,” Health and Quality of Life Outcomes, vol.182, 2015.

W. P. Sari, E. Suyanto, and W. Suana, “Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-BiRuNi, vol. 6, no. 2, pp. 159–168, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i1p8-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: