Analisis Kemampuan Berargumentasi Ilmiah Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang Pada Materi Suhu dan Kalor

Ulul Albab, Quratul Anisyah

Abstract


Argumentasi merupakan kegiatan untuk memvalidasi suatu pendapat dengan nilai-nilai ilmiah. Oleh karena itu, argumentasi memiliki peran penting dalam proses pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan terutama di perguruan tinggi. Belum banyak penelitian yang membahas tentang kemampuan berargumen ilmiah mahasiswa terutama pada Cabang Ilmu Fisika. Salah satu materi yang banyak ditemukan kekurangan pemahaman konsep serta miskonsepsi dalam cabang ilmu Fisika adalah materi Suhu dan Kalor. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada analisis kemampuan berargumen ilmiah pada mahasiswa baru Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang pada materi Suhu dan Kalor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap langkah-langkah penulisan argument diperoleh skor rata-rata sebesar 1,42 dari 2 sehingga dapat dikategorikan tinggi, support dengan besar skor rata-rata 1,92 dari 3 sehingga berada pada kaetgori sedang, warrant dengan skor rata-rata 1,56 dari 3 sehingga berada pada kaetegori sedang, dan yang terakhir adalah backing dengan skor rata-rata 1,52 dari 3 sehingga dpat dikategorikan sedang.

Keywords


Kemampuan Berargumen, klaim, data, pembenaran, pendukung, suhu dan kalor.

Full Text:

PDF

References


J. Osborne, "Learning To Teach Argumentation: Research and Development In The Science Classroom," International Journal of Science Education, no. 28, pp. 2-3, 2014.

F. H. V. Eemeren and H. Greebe, A Systematic Theory of Argumentation, New York: Cambridege University Press, 2004.

Kemendikbud, Kerangka Dasar Kurikulum 2013, Jogjakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar, 2013.

S. Toulmin, The Uses of Argument, New York: Cambridge University Press, 2003.

P. Handayani, "Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin," p. 9.

A. Suhandi, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sekolah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika," p. 10, 2012.

I. S. Kurniasari and W. Setyarsih, "Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi," vol. 06, no. 03, p. 4, 2017.

J. Sirait, "Pendekatan Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Topik Suhu dan Kalor," vol. 1, no. 2, 2012.

M. Ulpa and I. Wahyudi, "Perbandingan Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Kemampuan Argumentasi Oral dan Tertulis," p. 13.

P. P. Lestari and S. Linuwih, p. 6, 2014.

E. Hafizah and S. An'nur, "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Materi Suhu dan Kalor," p. 5.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Supeno, "Keterampilan Berargumentasi Ilmiah Siswa SMK Dalam Pembelajaran Fisika," in Seminar Nasional Pendidikan: Tema "Implementasi Kurikulum 2013 dan Problematikanya", 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i1p1-7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: