Analisis Hubungan Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Gerak Lurus Mahasiswa Pendidikan Fisika

Mochammad Yusuf, Muhammad Dicky Hidayatullah, Ilham Tri Pamungkas

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memahami hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto korelasional. Analisis perbandingan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep gerak lurus diperoleh hubungan yang linear dengan positif dan signifikan dengan koefisien determinasi 29,1% yang menunjukkan hubungan signifikan atau kontribusi motivasi belajar sebesar 29,1% terhadap pemahaman konsep gerak lurus. Hasil uji regresi menghasilkan persamaan regresi y = -32.260 + 1,649x yang berarti setiap skor motivasi belajar memiliki kontribusi sebesar 1,649 poin terhadap pemahaman konsep gerak lurus. Hasil ini relevan dengan penelitian lain.

Keywords


motivasi, pemahaman konsep, korelasi, gerak lurus.

Full Text:

PDF

References


A. Pane dan M. D. Dasopang, “Belajar dan pembelajaran,” Fitrah J. Kaji. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 3, no. 2, hlm. 333–352, 2017.

A. Susanto, Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana prenada media group, 2013.

K. Sari, “Miskonsepsi Pembelajaran Fisika pada Konsep Gerak Lurus di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar,” Serambi PTK, vol. 5, no. 2, hlm. 24–29, 2018.

M. Maruf dan R. A. Lestari, “Profil Tingkat Pemahaman Konsep Fisika Gerak Lurus Dengan Model Conceptual Understanding procedures,” J. Teach. Learn. Phys., vol. 4, no. 2, hlm. 18–24, 2019.

A. Fauziah dan Y. Darvina, “Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Dalam Memahami Materi Gerak Lurus dan Gerak Parabola Pada Kelas X SMAN 1 Padang,” PILLAR Phys. Educ., vol. 12, no. 1, 2019.

H. Suyuti, S. Kusairi, dan S. Sutopo, “Pengembangan dan Penyetaraan Instrumen Tes Kinematika Gerak Lurus dengan Metode Linear,” J. Pendidik. Sains, vol. 4, no. 1, hlm. 17–24, 2016.

H. Hasbullah dan L. Nazriana, “Peningkatan Kemampuan Interprestasi Grafik Melalui Pendekatan Multi-Representasi Pada Materi Gerak Lurus,” dalam Prosiding Seminar Nasional USM, 2017, vol. 1.

A. C. Yusro dan M. Sasono, “Penggunaan modul ilustratif berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa kelas VII SMPN 14 Madiun,” J. Pendidik. Fis. Dan Keilmuan JPFK, vol. 2, no. 1, hlm. 29–35, 2016.

A. M. Taiyeb dan N. Mukhlisa, “Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau,” bionature, vol. 16, no. 1, 2015.

Dalyono, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

N. Afryansih, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Geografi SMAN 5 Padang,” J. Spasial, vol. 3, no. 1, 2017.

O. Hamalik, Psikologi belajar dan mengajar. Jakarta: PT Sinar Baru Algensindo, 2000.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali, 2012.

C. Ayu, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA N IX Koto Kabupaten Tanah Datar,” J. Mat., vol. 9, no. 1, hlm. 1–6, 2017.

K. Kayaman, “Pengaruh Metode Eksperimen, Motivasi dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Pokok Gerak Lurus Pada Siswa SMA Negeri I Aimas Kabupaten Sorong,” J. Ilmu Pendidik. Indones., vol. 3, no. 3, hlm. 44–53, 2015.

A. M. Yusuf, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media, 2016.

R. Husni, “A Correlative Study Of Students’motivation, Vocabulary Mastery And Reading Comprehension,” J. Residu, vol. 2, no. 12, hlm. 45–60, 2019.

S. Yusuf, “Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V Gugus V Kota Bengkulu,” J. PGSD, vol. 12, no. 1, hlm. 49–54, 2019.

W. B. Sulfemi, “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor,” 2019.

I. W. J. Adnyana, K. Suma, I. Suswandi, dan M. Si, “Kontribusi Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Prestasi Belajar Fisika,” J. Pendidik. Fis. Undiksha, vol. 7, no. 2, hlm. 42–52, 2019.

P. P. A. Santoso, L. P. A. Widiari, dan K. Listuayu, “Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Buku Ajar Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika,” J. Psikol. MANDALA, vol. 1, no. 2, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v2i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: