Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor

M. Dewi Manikta Puspitasari

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi pemecahan masalah dan penguasaan konsep materi kalor setelah pembelajaran fisika melalui integral learning. Strategi pemecahan masalah dalam penelitian ini merupakan proses kognitif yang terjadi selama memecahkan masalah dalam penguasaan konsep. Penelitian ini menggunakan embedded design. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dan wawancara. Tes penguasaan konsep terdiri atas 7 butir soal uraian untuk mengetahui strategi pemecahan masalah dan penguasaan konsep siswa setelah materi diberikan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan sequential data collection. Data kuantitatif diperoleh dari data nilai tes penguasaan konsep. Data kualitatif diperoleh dari data strategi pemecahan masalah  siswa pada tes. Teknik analisis data penelitian ini mengacu pada sequential data analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemecahan masalah yang siswa lakukan dalam menyelesaikan masalah pada tujuh soal penguasaan konsep materi kalor setelah penerapan integral learning, siswa melakukan mapping mathematics to meaning, physical mechanism game, recursive plug and chug, dan transliteration to mathematics.


Keywords


strategi pemecahan masalah, penguasaan konsep, integral learning

Full Text:

PDF

References


K. E. K. Nottis, M. J. Prince, and M. A. Vigeant, “Building an understanding of heat transfer concepts in undergraduate chemical engineering cources,” 2010.

M. Başer, “Effect of conceptual change oriented instruction on remediation of students ’ misconceptions related to heat and temperature concepts,” J. Maltese Educ. Res., vol. 4, no. 1, pp. 64–79, 2006.

L. Halim, F. Dahlan, D. F. . Treagust, and A. L. Chandrasegaran, “Experiences of teaching the heat energy topic in English as a second language,” Sci. Educ. Int., vol. 23, no. 2, pp. 117–132, 2012.

A. A. Alwan, “Misconception of heat and temperature among physics students,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 12, pp. 600–614, 2011.

Sarwi and Liliasari, “Penerapan Strategi Kooperatif Dan Pemecahan Masalah Pada Konsep Gelombang Untuk Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kritis,” Pendidik. Fis. Indones., vol. 5, pp. 90–95, 2009.

F. Ornek, W. Robinson, and M. Haugan, “What Makes Physics Difficult,” Sci. Educ. Int., vol. 18, no. 3, pp. 165–172, 2007.

U. Setyorini, S. E. Sukiswo, and B. Subali, “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 7, no. 1, pp. 52–56, 2011.

J. Tuminaro and E. F. Redish, “Elements of a cognitive model of physics problem solving: Epistemic games,” Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., vol. 3, no. 2, Jul. 2007.

W. W.-J. P. F. Indonesia and U. 2009, “Pengembangan keterampilan proses dan pemahaman siswa kelas X melalui KIT Optik,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 5, no. 1, 2011.

Y. Subagyo and P. Marwoto, “Pembelajaran Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu Dan Pemuaian,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 5, no. 1, pp. 42–46, 2009.

T. Jaakkola, S. Nurmi, and K. Veermans, “A comparison of students’ conceptual understanding of electric circuits in simulation only and simulation-laboratory contexts,” J. Res. Sci. Teach., vol. 48, no. 1, pp. 71–93, Jan. 2011.

J. Atkin, “Knowing to the Power of Four,” 2008.

M. D. M. Puspitasari, “Strategi Pemecahan Masalah Siswa pada Pretest Konsep Materi Kalor,” Berk. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, p. 88, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i2p1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: