Pengembangan E-Book “Play, Learn, & Adventure” Berbasis Android untuk Siswa Kelas XII SMA/MA Melalui Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Listrik Dinamis

Elvina Tri Wulandari, Sulur Sulur, Nugroho Adi Pramono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui tingkat kelayakannya melalui pengembangan e-book “Play, Learn & Adventure” berbasis android untuk siswa kelas XII SMA/MA melalui pendekatan saintifik pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE, yang diadaptasi oleh Branch. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-book “Play, Learn & Adventure” berbasis android yang telah dikembangkan dan direvisi memiliki kriteria sangat valid atau layak untuk digunakan serta praktis.

Keywords


e-book; Play, Learn & Adventure; listrik dinamis

Full Text:

PDF

References


Amirullah, Gufron, dan Restu Hardinata. 2017. Pengembangan Mobile Learning Bagi Pembelajaran. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) 4 (02): 97. https://doi.org/10.21009/JKKP.042.07.

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. no. 4: 14.

Fitraningrum, N., Sunarno, W., & Wibowo, D. H. (2013). Analisis Miskonsepsi Gerak Melingkar pada Buku Sekolah Elektronik Fisika SMA Kelas X Semester 1. Jurnal Pendidikan Fisika , 73.g

Sari, Sri Adelila, dan Halimatun Sakdiah. 2016a. The Development of Mind Mapping Media in Flood Material Using ADDIE Model. Journal of Education and Learning (EduLearn) 10 (1): 53. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i1.3227.

Rahim, H Muhammad Yusuf. 2011a. Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran Dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar. 6: 9.

Nursamsu, dan Teuku Kusnafizal. 2017. Pemanfaatan Media Pembelajaran Ict Sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa Di Smp Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 1 (2): 165–70. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9691.

Alia, Nila, dan Widha Sunarno. 2017. Pengembangan Modul Fisika Pada Materi Listrik Dinamis Berbasis Keterampilan Proses Sains (Kps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma/Ma Kelas X 6. (1): 10.

Nofitasari, Ira, dan Yuliana Sihombing. 2017a. Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik Dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X Sma Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 7 (1): 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v7n1.p44-53.

Husain, Chaidar. t.t. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. 2: 9.

S.Sari, dkk. (2017). Using Android-Based Educational Game for Learning Colloid Material. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012012.

U.Pratama, dkk. (2017). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan.Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167–184.

Astuti, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108.

Rostika, Deti dan Prihantini. 2019. Pemahaman Guru Tentang Pendekatan Saintifik Dan Implikasinya Dalam Penerapan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 11(1):86.

Raharjo, Hermawan Pamot. 2015. "Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Membentuk Karakter Positf Anak". Journal of Physical Education 4, 2015.

Branch, R. M," Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer, 2009.

Syofian, Suzuki, Timor Setiyaningsih, dan Nur Syamsiah' " Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis."(8)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p7-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: