Pengaruh Guided Inquiry Learning dengan LKS Berbasis TEQ Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

Yoga Adi Purwanto, Sulur Sulur, Purbo Suwasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing dengan LKS berbasis TEQ terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak lurus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest – posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 SMA Laboratorium UM Semester Ganjil 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan bahwa rata – rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen, yaitu 83,53, lebih tinggi daripada rata – rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis kelas kontrol, yaitu 77,56. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan LKS berbasis TEQ lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Keywords


Inkuiri Terbimbing, TEQ, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Putri, S. D., Syamsuri, I., & Tenzer, A. (2014). Implementasi Metode Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 8 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 29–37.

Ongardwanich, N., Kanjanawasee, S., & Tuipae, C. 2015. Development of 21st Century Skill Scales as Perceived by Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 737–741.

Etkina, E., & Planinšič, G. 2015. Defining and Developing “Critical Thinking” Through Devising and Testing Multiple Explanations of the Same Phenomenon. The Physics Teacher, 53, 432–437.

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, L(2), 90–100.

Thomas, T. (2011). Developing First Year Students’ Critical Thinking Skills. Asian Social Science Journal, 7(4), 26–35.

Seals, M. A. 2010. Teaching Students to Think Critically About Science and Origins. Cultural Studies of Science Education, 5, 251–255.

Utami, B., Saputro, S., Masykuri, M., & Widoretno, S. 2017. Critical Thinking Skills Profile of High School Students in Learning Chemistry. International Journal of Science and Applied Science : Conference Series, 1(2), 124–130.

Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. 2017. Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116.

Thompson, C. 2011. Critical Thinking Across the Curriculum : Process Over Output. International Journal of Humanities and Social Science, 1(9), 1–7.

Ennis, R. H. (2011). Critical Thinking : Reflection and Perspective Part I. Inquiry : Critical Thinking Across The Disciplines, 26(1), 4–18.

Tiruneh, D. T., Cock, M. De, Weldeslassie, A. G., Elen, J., & Janssen, R. (2017). Measuring Critical Thinking in Physics : Development and Validation of a Critical Thinking Test in Electricity and Magnetism. International Journal of Science and Mathemathics Education, 15, 663–682.

Paul, R. W., & Elder, L. (2002). Critical Thinking : Tools for Taking Charge of Your Professional and Personal Life. USA: Pearson Education.

Rahayu, D.N.G., Herijanto, A., & Lesmono, A.D. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7), 162-167.

Armawan, D., Parno, & Yuliati, L. (2017). Analisis Strategi Thinking Maps dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 652–660.

Julianda, Widiati, U., & Djatmika, E. T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Multiliterasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 460–467.

Puspita, A. T., & Jatmiko, B. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Materi Fluida Statis Kelas XI di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 2(3), 121–125.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 98–104.

Solihin, M. W., Prastowo, S. H. B., & Supeno. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 299–306.

Kristanto, Y. E., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 197–208.

Nur’azizah, H., Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60.

Sutama, I. N., Arnyana, I. B. P., & Swasta, I. B. J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1–14.

Khasanah, U., & Astuti, D. (2018). Developing Mathematics Learning Model of Thinking Empowerment by Question (TEQ) with TAI Setting to Improve Students’ Metacognition Ability. International Journal of Active Learning, 3(2), 80–85.

Meviana, I., & Suwito. (2015). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Thinking Empowerment by Questioning dan IQ terhadap Kemampuan Pemahaman Geografi Siswa SMA. In Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, 2015 (pp. 311–317). Yogyakarta.

Setiawan, D. C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) Dipadu Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Kemampuan Metakognitif Biologi Siswa SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang. In Proceeding Biology Education Conference : Biology Science Enviromental and Learning (Vol. 10, pp. 195–201).

Haerullah, A., & Tamalene, M. N. (2017). PBMP untuk Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Multietnis. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 10(2), 29–34.

Karomah, N., Corebima, A. D., & Saptasari, M. (2014). Pengaruh Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan Terhadap Berpikir Kritis, Motivasi, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA di Pasuruan. Journal Online State University of Malang, 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p18-25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: