Analisis Kemampuan Mahasiswa Fisika Peserta KPL Berbasis Lesson Study Tahun Ajaran 2019/2020 dalam Mengembangan Strategi Pembelajaran Era Pendidikan 4.0

Septina Putri Bintari, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL berbasis lesson study tahun ajaran 2019/2020 dalam mengembangkan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-postfacto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil angket, penilaian produk RPP, video pelaksanaan, dan lembar refleksi, serta wawancara. Hasil penelitian kemampuan mahasiswa dalam: (1) merencanakan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 memiliki skor pada hasil analisis angket sebesar 81,8% kategori baik, sementara pada hasil analisis produk RPP yaitu 54,7% dengan kategori tidak baik; (2) melaksanakan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 memiliki skor pada hasil analisis angket sebesar 83,6% kategori baik, sementara pada hasil analisis produk video pembelajaran yaitu 66,8% dengan kategori cukup baik; (3) merefleksi strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 berdasarkan hasil analisis angket memiliki skor 86,9% dengan kategori sangat baik. Sedangkan berdasar hasil penilaian lembar refleksi lesson study mahasiswa fisika peserta KPL kurang dalam manajemen waktu dan pengelolaan kelas.

Keywords


Strategi Pembelajaran, Pendidikan 4.0, Mahasiswa Fisika Peserta KPL

Full Text:

PDF

References


Pemerintah Indonesia.. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Mulyasa. 2010. Standart Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Barlian, I. (2013) ‘Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru ?’, Jurnal Forum Sosial, VI(01), pp. 241–246.

Pane, A. and Darwis Dasopang, M. (2017) ‘Belajar Dan Pembelajaran’, FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), p. 333. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

Rahmat, A. dkk. 2014. Peta Kompetensi Guru Biologi Di SMA Kota Bandung Berdasarkan Analisis Kesesuaian Proses Pembelajaran Di Kelas Dengan Tuntutan Kompetensi Dasar. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2): 179-187.

Taorina, R. dkk. 2018. Pengetahuan Calon Guru Matematika tentang Kurikulum 2013 dalam Penyusunan RPP, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12): 1520-1529.

Aziz Hussin, A. (2018) ‘Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching’, International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), p. 92. doi: 10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92.

Nusantara, T. (2018) ‘Desain Pembelajaran’, Forum Seminar Nasional, Lembaga Penelitian Pendidikan (LPP) Mandala, Tema Membangun Pendidikan yang Mandiri dan Berkualitas Pada Era Revolusi Industri 4.0, (September), p. 64. doi: 10.1890/12-0038.1.

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Pusat Pengembangan Program Pengalaman Lapangan. 2014. Petunjuk Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahmah, N. (2018) ‘Pengembangan Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Matematika’, Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), pp. 115–126. doi: 10.24256/jpmipa.v2i2.118.

Zain, M. (2017) ‘Pengembangan Strategi Pembelajaran Dan Pemilihan Bahan Ajar’, Inspiratif Pendidikan, 6(1), p. 172. doi: 10.24252/ip.v6i1.4925.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p26-33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: