Pengembangan M-UKBM Gerak Melingkar Beraturan (GMB) Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA

Vina Kuswatun Azizah, Endang Purwaningsih, Edi Supriana

Abstract


Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan, mengetahui kelayakan, mengetahui kepraktisan, dan mengetahui keefektifan Mobile Unit Kegiatan Belajar Mandiri (M-UKBM) Gerak Melingkar Beraturan (GMB) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Rancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: analysis (analisis), design (mendesain), development (mengembangkan), implementation (melaksanakan), evaluation (menilai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa M-UKBM yang dikembangkan termasuk layak dengan nilai rata-rata dari validator sebesar 3,76 dan termasuk praktis dengan nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dari observer sebesar 96,88%, selain itu M-UKBM efektif dengan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai rata-rata peningkatan gain-score siswa sebesar 0,46 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Keefektifan M-UKBM diperkuat dengan nilai effect size sebesar 3,14 yang berarti keterpengaruhan M-UKBM terhadap kemampuan pemecahan masalah sangat kuat.

Keywords


M-UKBM, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Aknin, Lara B., dkk. (2011). Happiness Runs in a Circular Motion: Evidence for a Positive Feedback Loop between Prosocial Spending and Happiness. Springer Science+Business Media B.V. DOI 10.1007/s10902-011-9267-5.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cohen, L., Lawrence Manion, Keith Morrison. 2007. Reseach Methods in Education (Sixth Edition). USA: Routledge Taylor & Francis e-Library.

J. L. Docktor and J. P. Mestre. 2015. Conceptual Problem in High School Physycs. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 11, 020106 (2015)

Fadaei, Azita Seyed, Cesar Mora. (2015). An Investigation About Misconceptio.n in Force and Motion in High School. David Publishing : US-China Education Review A, 2015 (1), 5 ̅ 1, 38-45. doi: 10.17265/2161-623X/2015.01.004

Fajriyah, M. Ilmi. 2018. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Hukum Newton Berbasis Core (Content Representation) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Malang: Universitas Negeri Malang.

Fitrianingrum, Nurul. (2013). Analisis Miskonsepsi Gerak Melingkar pada Buku sekolah Elektronik (BSE) Fisika SMA Kelas X Semester I. Jurnal Pendidikan Fisika ISSN: 2228 – 0691.

Howell, David C. 2011. Fundamentals Statistics For The Behavioral Sciences Seventh Edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Lin, Shin-Yin and Chandralekha Singh. (2011). Using Isomorphic Problems To Learn Introductory Physics. USA: Physical Review Special Topics - Physics Education Research 7, 020104 (2011)

Lintang, Anggit C., dkk. 2017. PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Journal Of Primary Education, p-ISSN 2252-6404 e-ISSN 2502-4515.

Meltzer, D. E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gains In Physics: A Possible “Hidden Variable” In Diagnostic Postest Scores. American Journal of physics,70(12), 1259-1268.

Nadhiif, M. Akbar, dkk. (2015). Tes Isomorfik Berbasis Komputer untuk Diagnostik Miskonsepsi Diri pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Sains ISSN: 2338-9117/EISSN: 2442-3904

Ngussa, B. M. 2014. Application of ADDIE Model of Instruction in Teaching-Learning Transaction among Teachers of Mara Conference Adventist Secondary Schools, Tanzania. Journal of Education and Practice ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X.

Permendikbud No. 158. 2014. Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester pada Pendidikan Dasar dan pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud.

Permendikbud No. 81A/2013. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Permendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Rudyanto, H.E. 2014. Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum, Vol.4 No.1, Juni 2014, 41-48. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sanjaya, W. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana MediaGroup.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p48-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: