Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas XI MAN 1 Malang

Nur Afifah, Sulur Sulur

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan scientific pada model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menganalisis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan jenis pretest postest control group design. Metode pengambilan data yaitu dengan menggunakan beberapa instrumen yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik pengambilan data yaitu dengan teknik observasi dan soal tes. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dengan bantuan SPSS 16.0 dan Microsoft Exel. Dasar pengambilan keputusan dalam penelitian ini yaitu pada uji hipotesis dengan syarat data sebelumnya telah terdistribusi normal dan homogen.  Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kemampuan menganalisis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Keywords


Discovery Learning, Pendekatan Scientific

Full Text:

PDF

References


Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Ilahi, T M. 2012. Pembelajaran discovery strategy dan mental Vocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press

Permendikbud No 65 tahun 2013. Standar Proses Untuk Jenjang PendidikanDasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud 2013, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs-IPA,BPSDM Kemendikbud, Jakarta

Dahar, R 2011, Teori-teori Belajar & Pembelajaran, Penerbit Erlangga, Jakarta

Pratiwi, FA 2014, Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Universitas Tanjung Pura Pontianak, 24 Maret 2015 pp.1-16.

Kadri, M & Meika R. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal ikatan alumni fisika Universitas Negeri Malang. 01: 28-30.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p59-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: