Pengembangan Game Edukasi E-Praktikum Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas XII

Monika Adriana Dewi Astutik, Purbo suwasono, Nugroho Adi Pramono

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk menghasilkan produk game edukasi E-Praktikum. Metode penelitian yang digunakan ialah desain pengembangan berbasis multimedia yang dikemukakan oleh Lee dan Owens, tetapi pada tahap implementasi peneliti hanya melakukan uji coba terbatas saja. Produk pengembangan berupa game edukasi dengan materi listrik dinamis ini menyajikan permainan, materi, dan kuis yang memiliki feedback. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif berupa deskriptif hasil dan teknik kuantitatif berupa hasil perhitungan persentase validasi. Validasi produk pengembangan game edukasi dari segi media diperoleh data persentase skor sebesar 94,2%, validasi dari segi materi diperoleh data persentase skor sebesar 92,7%, sedangkan hasil uji coba produk pada peserta didik diperoleh persentase skor sebesar 88,3 %. Hal ini berarti produk dapat digunakan oleh siswa untuk pembelajaran mandiri. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, disimpulkan bahwa game edukasi larutan penyangga yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Keywords


game edukasi, listrik dinamis, android

Full Text:

PDF

References


D. M. Sari, Surantoro, and E. Y. Ekawati, “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Materi Termodinamika Pada Siswa SMA,” J. Mater. dan Pembelajaran Fis., vol. 3, no. 1, pp. 5–8, 2013.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Dimyati and Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta, 2006.

S. Haulah, B. Supriadi, and Maryani, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal - Soal UN Fisika SMA Pada Materi LIstrik Dinamis Dan Rangkaian Arus Bolak-Balik,” Semin. Nas. Pendidik. Fis. 2018, ISSN 2527-5917, vol. 3, 2018.

Citra Lestari and N. Sugianto, “Deskripsi Kemudahan dan Kemenarikan Aplikasi Game bagi Anak Usia Sekolah Dasar,” J. Inform. dan Sist. Inf. Univ. Ciputra, vol. 03, no. 01, pp. 1–9, 2017.

S. Nikmah, “Penggunaan Metode Permainan Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sungai Melayu Rayak,” pp. 1–50, 2012.

P. Nikensasi and I. Kuswardayan, “Rancang Bangun Permainan Edukasi Matematika dan Fisika dengan Memanfaatkan Accelerometer dan Physics Engine Box2d pada Android,” J. Tek. ITS, vol. 1, no. September 2012, pp. 255–260, 2012.

J. L. Anderson and M. Barnett, “Learning Physics with Digital Game Simulations in Middle School Science,” pp. 914–926, 2013.

W. Lee and L. Owens, D, Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. United States of America: John Wiley & Sonc, Inc, 2004.

M. E. Gredler, “Games and Simulations and Their Relationships to Learning,” Handb. Res. Educ. Commun. Technol., pp. 571–581, 2004.

R. Heinich and et al, Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs, 2002.

S. Haryoko, “Efektivitas Strategi Pemberian Umpan Balik Terhadap Kinerja Praktikum Mahasiswa d-3 Jurusan Teknik Elektronika,” J. Ilm. Pendidik., vol. 1, pp. 103–115, 2011.

Kurniawati, Djudin, and Arsyid, “Pengaruh Pemberian Corrective Feedback Pada Pekerjaan Rumah Terhadap Perubahan Miskonsepsi Siswa,” no. 3, pp. 1–8, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i1p64-69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: