Dampak Penerapan REACT-Strategi Diagram Vee terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA Materi Hukum Newton tentang Gravitasi
Abstract
Penelitian ini terfokus pada implementasi model REACT yang dikombinasikan dengan diagram Vee terhadap prestasi belajar fisika siswa khususnya dalam materi hukum Newton tentang gravitasi. Tujuan penelitian ialah untuk mengkaji seberapa berpengaruh model ini terhadap prestasi belajar fisika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Grup Design, terdiri dari satu kelas eksperimen (N = 28) dan satu kelas kontrol (N = 28) sebagai pembanding. Kelas eksperimen adalah kelas yang menggunakan model pembelajaran REACT-strategi diagram Vee dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Berdarkan proses pembelajaran, diketahui bahwa siswa kelas eksperimen mampu belajar secara mandiri dan mampu mengonstruksi pengetahuannya sendiri. Melalui hasil analisis uji-T (one tail) diperoleh thitung > ttabel (0.4477 > 0.2632), artinya siswa yang belajar dengan model REACT-strategi diagram Vee memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
V. E. Satya, “Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0," Info Singkat, vol. 10, no. 9, pp. 19–24, 2018.
A. Gurria, “PISA Result in Focus," Organization of Economic Cooperation and Development: Paris, Rep. PISA2015, 2018.
K. Selamet, I. W. Sadia, and K. Suma, “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP," J. Pend. IPA Ganesha, vol. 3, no. 1, 2013.
Y. Yuzarion, “Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik," Ilmu Pendidikan: J. Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 107–117, 2017.
D. I. Karsa et al., “Profil Hambatan Belajar Epistimologis Siswa Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi Kelas X SMA Berbasis Analisis Tes Kemampuan Responden,” in Proc. Seminar Nasional Fisika (SINAFI) 2018, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, pp 14–18, 2018.
Nursefriani, M. Pasaribu, and H. Kamaluddin, “Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Lab-School Palu pada Materi Hukum Newton," J. Pend. Fis. Tadulako (JPFT), vol. 4, no. 2, p. 36–41, 2016.
S. Kindarto and A. Gafur, “Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi React Berbantuan Media Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS," Harmoni Sosial, vol. 1, no. 2, pp. 213–230, 2014.
T. Rohayati, “The Implementation of Contextual in Teaching Vocabulary to Elementary Students (REACT: Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring)," J. of English and Edu., vol. 1, no. 2, pp. 115–123, 2013.
L. Yuliati, Model-Model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek, Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 2008.
O. Keles and S. Ozsoy, “Pre-Service Teachers’ Attitudes Toward Use of Vee Diagrams in General Physics Laboratory," Int. Electro. J. Element. Edu., vol. 1, no. 3, pp. 124–140, 2009.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2012.
C. Trihendari, Langkah Praktis Menguasai Statistik Untuk Ilmu Sosial dan Kesehatan + Konsep dan Penerapannya Menggunakan SPSS, Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p74-78
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika
View My Stats
Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: