Analisis Kemampuan Penalaran (Reasoning Skill) Siswa tentang Usaha dan Energi di MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta

Nurul Fitarini Widarti, Winarti Winarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran (reasoning skill) siswa pada konsep usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 58 siswa kelas X MIA MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes diagnostik two tier dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah kemampuan penalaran (reasoning skill) siswa berada pada kategori rendah. Pada pola penalaran untuk kategori formal didapatkan hasil persentase sebesar 0,00%; transisi sebesar 34,48%; dan konkret sebesar 65,52%. Kemampuan penalaran (reasoning skill) siswa berdasarkan indikator didapatkan hasil proportional reasoning (PPR) sebesar 17,24%; control of variable (CV) sebesar 5,17%; probabilistic reasoning (PBR) sebesar 0,00%; correlational reasoning (CR) sebesar 18,96%; dan hypothetical deductive reasoning (HDR) sebesar 15,52%. Berdasarkan persentase tersebut didapatkan pola penalaran yang paling tinggi dimiliki siswa adalah correlational reasoning (CR) sebesar 18,96% dan terendah adalah  probabilistic reasoning (PBR) sebesar 0,00%.


Keywords


Penalaran, usaha, dan energi.

Full Text:

PDF

References


J. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Gramedia, 2009.

N. Erlina, “Penalaran Ilmiah dalam Pembelajaran Fisika,” in Pros. Sem. Nas. Pend. Sains, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, pp. 473–480, 2016.

M. O. Martin et al., TIMSS 2015 International Result in Science, Chestnut Hill : TIMSS & PIRLS International Study Center, 2015.

N. Rustaman, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Malang: UM Press, 2005.

Winarti et al., “Analyzing Skill dan Reasoning Skill Siswa Madrasah Aliyah di Kota Yogyakarta,” in Pros. Sem. Nas. Pendidik. Sains, Semarang: Universitas Negeri Sebelas Maret pp. 210–217, 2016.

A. E. Lawson, “The Nature and Development of Scientific Reasoning: A Synthetic View,” Int. J. Sci. Math. Edu., vol. 2, no. 3, pp. 307–338, 2004.

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

B. Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2013.

S. Surapranata, Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

N. K. Rachmawati, “Analisis Penalaran Proporsional Siswa Pada Saat Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Berpikir Field Independent,” M.Pd. Postgraduate Thesis, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, 2014.

A. E. Lawson, “The Development and Validation of A Classroom Test of Formal Reasoning,” J. Research in Sci. Teach., vol. 5, no. 1, pp. 11–24, 1979.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p79-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: