Analisis Penguasaan Konsep Siswa Materi Suhu Kalor pada Pembelajaran Cognitive Apprenticeship (CA) disertai Formative E-Assessment

Ria Musa'adah, Sentot Kusairi

Abstract


Kesalahan konsep dapat diminimalisir dengan menerapkan proses pembelajaran dan penilaian yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran cognitive apprenticeship disertai formative e-assessment terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi suhu kalor. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Malang tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda beralasan dengan masing-masing soal terdiri dari 4 pilihan jawaban. Analisis data dilakukan dari perolehan data kuantitatif dan kualitatif. Rancangan penelitian menggunakan mix-method embedded experimental model dan diperoleh hasil penelitian yaitu (1) skor penguasaan konsep siswa meningkat dari rata-rata pretest 34,45 menjadi 66,67 pada rata-rata posttest dengan perolehan N-Gain sebesar 0,477 (kategori medium atas) dan (2) kesulitan yang siswa alami pada materi suhu kalor terdapat pada indikator ‘menganalisis hubungan kalor dengan perubahan suhu’. Berdasarkan analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran cognitive apprenticeship disertai dengan formative e-assessment dapat meningkatkan penguasaan konsepsi siswa pada materi suhu kalor.

Keywords


Cognitive apprenticeship, formative e-assessmenet, suhu kalor.

Full Text:

PDF

References


L. Fitriah, "Diagnosis Miskonsepsi Siswa pada Materi Kalor dengan Menggunakan Three-Tier Essay dan Open–Ended Test Items," Berkala Ilmiah Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, pp. 168–181, 2017.

R. Azizah, L. Yuliati, and E. Latifah, "Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA," J. Penelitian Fis. dan Aplikasinya (JPFA), vol. 5, no. 2, pp. 44–50, 2015.

M. M. Trianggono, "Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pemecahan Masalah Fisika," J. Pendidik. Fis. dan Keilmuan (JPFK), vol. 3, no. 1, pp. 1–12, 2017.

E. Rimadani, dan M. Diantoro, "Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor," J. Pendidik.: Teori, Pendidik., dan Pengembangan, vol. 2, no. 6, pp. 833–839, 2017.

U. Azizah and E. Supriana, "Identifikasi Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Kelas XI dan XII pada Materi Suhu dan Kalor," J. Pendidik.: Teori, Pendidik., dan Pengembangan, vol. 4, no. 4, pp. 484–490, 2015.

M. R. A. Taqwa, R. Priyadi, and L. Rivaldo, "Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Mahasiswa Calon Guru," J. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 1, pp. 56–67, 2019.

S. N. W. Silung, S. Kusairi, and S. Zulaikah, "Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test," J. Pendidik. Fis. Tekno., vol. 2, no. 3, 95–105, 2017.

N. Kamar, S. Kusairi, and S. Zubaidah, "Pengembangan Asesmen Formatif dan Remediasi Berbasis Komputer pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor SMP Kelas VII," J. Ilmiah Pendidik. Fis. LENSA, vol. 4, no. 2, pp. 66–76, 2013.

N. N. Aini, S. Kusairi, and M. Diantoro, "Penguasaan Konsep Fluida Statis dalam Pembelajaran Kolaboratif dengan Penilaian Formatif," J. Pendidik.: Teori, Pendidik., dan Pengembangan, vol. 2, no. 10, pp. 1377–1387, 2017.

E. W. N. Sofianto, W. Wartono, and S. Kusairi, "Pengaruh Balikan Formatif Terintegrasi Strategi Pembelajaran Diagram Vee dan Kemampuan Awal terhadap Penguasaan Konsep Siswa," J. Pendidik. Fis. Indo., vol. 12, no. 2, pp. 183–188, 2016.

S. Kusairi, "Analisis Asesmen Formatif Fisika SMA Berbantuan Komputer," J. Penelitian Eval. Pendidik., vol. 16, pp. 68–87, 2013.

A. A. Disessa and B. L. Sherin, "What Changes in Conceptual Change?," Int. J. Sci. Edu., vol 20, no. 10, pp. 1155–1191, 1998.

M. V. Juhler, "The Use of Lesson Study Combined with Content Representation in the Planning of Physics Lessons During Field Practice to Develop Pedagogical Content Knowledge," J. Sci. Teach. Edu., vol. 27, no. 5, pp. 533–553, 2016.

Maksum, "Pengaruh Cognitive Apprenticeship terhadap Konsepsi Siswa pada Topik Suhu Kalor," in Pros. Sem. Nas. Pend. IPA Pascasarjana UM. Malang: Universitas Negeri Malang, pp. 262–274, 2016.

E. E, P. Burton et al., "The Effect of Cognitive Apprenticeship-Based Professional Development on Teacher Self-Efficacy of Science Teaching, Motivation, Knowledge Calibration, and Perceptions of Inquiry-Based Teaching," J. Sci. Teach. Edu., vol. 26, no. 6, pp. 525–548, 2015.

W. A. Edmonds and T. D. Kennedy, An Applied Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods, 2nd ed. Los Angeles: SAGE, 2017.

Sutopo and B. Waldrip, "Impact of A Representational Approach on Students' Reasoning and Conceptual Understanding in Learning Mechanics," Int. J. Sci. Math. Educ., vol. 12, pp. 741–765, 2014.

R. Oktaviyanthi, "Kajian Model Pembelajaran: Pendekatan Cognitive Apprenticeship Model Case Based Reasoning dalam Pembelajaran Matematika," in Sem. Nas. Matem. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan, pp. 99–107, 2015.

P. A. K. Juniarta, "Analisis Penerapan Model Pembelajaran Cognitive Apprenticeship dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha," in Sem. Nas. Riset Inov. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha, pp. 338–345, 2017.

P. P. Lestari and S. Linuwih, "Analisis Konsepsi dan Perubahan Konseptual Suhu dan Kalor pada Siswa SMA Kelas Unggulan," Unnes Phys. Educ. J., vol. 3, no. 2, pp. 62–67, 2014.

F. Munawaroh, "Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP dengan Certainty of Response Index (CRI) pada Konsep Suhu dan Kalor," in Sci. Educ. Nation. Conf. Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura, pp. 78–89, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p85-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: