Metode Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS): Efektifkah Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Fisika?

Leniana Ajul, Nurul Ain, Muhammad Nur Hudha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode CLIS dalam meningkatkan KPS dan pemahaman konsep. Efektivitas ditinjau dari adanya perbedaan KPS dan pemahaman konsep fisika dengan menggunakan metode CLIS dan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control grup design. Populasi yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Kepanjen dengan jumlah 11 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII J sebagai kelas kontrol dan kelas VIII K sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan teknik ANOVA dua jalur pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan KPS siswa dengan menggunakan metode CLIS dan konvensional dengan nilai hitung lebih tinggi dari nilai tabel; (2) ada perbedaan pemahaman konsep fisika siswa dengan menggunakan metode CLIS dan konvensional dengan nilai hitung lebih tinggi dari nilai tabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CLIS efektif meningkatkan KPS dan pemahaman konsep fisika siswa.


Keywords


CLIS, KPS, pemahaman konsep fisika.

Full Text:

PDF

References


M. Lete, Sutopo, and Y. Lia, “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Discovey Topik Tekanan Hidrostatis,” in Pros. Sem. Nas. Pend. IPA Pascasarj. UM, Malang: Universitas Negeri Malang, pp. 1020–1029, 2016.

N. Markawi, “Pengaruh Keterampilan Proses Sains, Penalaran, dan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika,” J. Ilm. Pend. MIPA, vol. 3, no. 1, pp. 11–25, 2013.

P. Siahaan et al., “Improving Students’ Science Process Skills Through Simple Computer Simulations on Linear Motion Conceptions,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 812, no. 1, pp. 1–6, 2017.

F. Karsli and Ç. Şahin, “Developing Worksheet based on Science Process Skills: Factors Affecting Solubility,” Asia-Pacific Forum Sci. Learn. Teach., vol. 10, no. 1, pp. 1–12, 2009.

D. Hanna, Sutarto, and A. Harijanto, “Model Pembelajaran Tema Konsep disertai Media Gambar pada Pembelajaran Fisika di SMA,” J. Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 1, pp. 23–29, 2016.

F. L. A. Rahmat, Suwatno, and Rasto, “Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament (TGT): Meta Analisis,” Manajerial, vol. 3, no. 5, pp. 239–244, 2018.

N. Af’idayani, I. Setiadi, and Fahmi, “The Effect of Inquiry Model on Science Process Skills and Learning Outcomes,” Eur. J. Educ. Stud., vol. 4, no. 12, pp. 177–182, 2018.

I. Sakti, Y. M. Puspasari, and E. Risdianto, “Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu,” J. Exacta, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2012.

A. Ismail, “Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains SMA pada Pokok Bahasan Fluida,” JIPFRI J. Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilm., vol. 1, no. 2, pp. 83–87, 2017.

P. A. T. Prasasti, “Efektivitas Scientific Approach with Guided Experiment pada Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar,” Profesi Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 19–26, 2017.

S. Lestari, I. Rosilawati, and N. Kadaritna, “Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains pada Materi Garam Hidrolisis,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Kim., vol. 5, no. 3, pp. 87–97, 2016.

R. F. A. K. Wardani, M. Rifai, and T. K. Mandalawati, “Efektivitas Model Pembelajaran CLIS Berbantuan Media Slide Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPA,” J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 104–114, 2017.

A. Oguz, “The Effects of Constructivist Learning Activities on Trainee Teachers’ Academic Achievement and Attitudes,” World Appl. Sci. J., vol. 4, no. 6, pp. 837–848, 2008.

M. Puji Utami, Indrawati, and Sutarto, “Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Pembentukan Konsep Fisika Siswa SMA di Kabupaten Jember (Materi Pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke),” Artik. Ilm. Mhs., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2015.

P. Y. Utari, Soewarno, and Saminan, “Pengaruh Penggunaan Model Children Learning in Science (CLIS) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 2, pp. 259–263, 2017.

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

N. Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Sinar Baru Offset, 2005.

N. Rustaman, “Perkembangan Penelitian Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Sains,” in Semin. Nas. II FPMIPA, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, pp. 22–23, 2005.

F. Budiarto, “Keefektifan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA,” J. Elem. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 53–60, 2015.

D. Nurseha and I. K. Werdhiana, “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman konsep tentang Getaran dan Gelombang pada Kelas VIII SMP Negeri 5 Maralowa,” e-Jurnal Mitra Sains, vol. 3, no. 1, pp. 9–19, 2015.

I. Tri Lestari, Warsiti, and Joharman, “Penggunaan Model Children Learning in Science (CLIS) dalam Peningkatan Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 2 Kutosari Tahun Ajaran 2014/2015,” S.Pd. Thesis, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Semarang, pp. 1–4, 2015.

I. G. Ayu et al., “Pengaruh Model Pembelajaran CLIS terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan,” e-Journal Mimb. PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p98-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: