Penguasaan Konsep Hukum Archimedes pada Siswa Kelas XI dan XII SMA

Risdia Rina Rohmayanti, Sentot Kusairi, Arif Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa SMA/MA pada materi hukum Archimedes pada fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Instrumen pengumpulan data berupa tes penguasaan konsep pada materi hukum Archimedes. Tes diberikan pada siswa kelas XI dan XII IPA yang telah memperoleh pembelajaran fisika materi hukum Archimedes. Subjek penelitian sebanyak 36 orang siswa MA Al-Hidayah tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep hukum Archimedes. Khususnya yang berhubungan dengan posisi, massa, massa jenis, dan volume benda tercelup di dalam fluida.

Keywords


penguasaan konsep Fisika; hukum Archimedes.

Full Text:

PDF

References


D. Hanna, S. Sutarto, and A. Harijanto, “Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar pada Pembelajaran Fisika SMA,” J. Pembelajaran Fisika, vol. 5, no. 1, pp. 23–29, 2016.

J. L. Docktor and J. P. Mestre, “A Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics,” Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., vol. 10, no. 2, p. 010119, 2014.

A. Delhita and S. Suyono, “Penguasaan Think-Alound Protocols untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Stoikiometri di SMA Khadijah Surabaya,” in Pros. Sem. Nas. Kimia Unesa, Surabaya, Indonesia, 2012, pp. 89–96,

L. Ding, N. Reay, A. Lee, and L. Bao, “Exploring the Role of Conceptual Scaffolding in Solving Synthesis Problems,” Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., vol. 7, no. 2, pp. 7–11, 2011.

R. Utami, T. Djudin, and S. B. Arsyid, “Remediasi Miskonsepsi pada Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran TGT Berbantuan Mind Mapping di SMA,” Ph.D. dissertation, Department of Physics, Universitas Tanjungpura, Indonesia, 2014.

N. Zahra, K. Kamaluddin, and M. Muslimin, “Identifikasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa SMAN di Kota Palu,” J. Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) , vol. 3, no. 3, pp. 61–67, 2015.

V. Haris, “Identifikasi Miskonsepsi Materi Mekanika dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index,” J. Ta'dib , vol. 16, no. 1, pp. 77–86, 2013.

A. Pujianto, N. Nurjannah, and I. W. Darmadi, “Analisis Konsepsi Siswa pada Konsep Kinematika Gerak Lurus,” J. Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2013.

S. Saehana and S. Kasim, “Studi Awal Miskonsepsi Mekanika pada Guru Fisika SMA di Kota Palu,” in Pros. Sem. Nas. Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Yogyakarta, Indonesia, 2011, pp. 143–146.

A. D. Mukti, T. Raharjo, and E. Wiyono, “Identifikasi Miskonsepsi dalam Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester Gasal,” J. Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), vol. 1, no. 1, pp. 39–41, 2012.

P. Suparno, Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo, 2013.

A. Pratiwi and W. Wasis, “Pembelajaran dengan Praktikum Sederhana untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fluida Statis di Kelas XI SMA Negeri 2 Tuban,” J. Inov. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 3, pp. 117–120, 2013.

E. Purwanti, E. Tandililing, and S. M. Mursyid, “Remediasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Mindscaping tentang Kalor di SMP,” J. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, viol. 2, no. 3, pp. 1–13, 2013.

N. H. A. Mubarokah, “Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA Materi Fluida Statis dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Index),” J. Ilmiah Pendidikan Fisika COMPTON, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2019.

S. Kusairi, H. Alfad, and S. Zulaikah, “Development of Web-Based Intelligent Tutoring (iTutor) to Help Students Learn Fluid Statics,” J. Turkish Science Education , vol. 14, no. 2, pp. 1–20, 2017.

D. C. Giancoli, Physics: Principles with Applications, 7th ed. London: Pearson, 2013.

D. Halliday, R. Resnick, and J. Walker, Fundamental of Physics, 10th ed. New York, USA: Wiley, 2007.

R. A. Serway and J. W. Jewett, Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics, 9th ed. Florida: Thomson, 2014.

F. X. Berex, S. Sutopo, and M. Munzil, “Concept Enhancement of Junior High School Students in Hydrostatic Pressure and Archimedes Law by Predict-Observe-Explain Strategy,” J. Pendidik. IPA Indo., vol. 5, no. 2, pp. 230–238, 2016.

W. Wartono, A. M. Saifullah, and S. Sugiyanto, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Fluida Statis dengan Instrumen Diagnostik Three-Tier,” J. Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 23, no. 1, pp. 20–26, 2016.

I. Idayanti, T. Darsono, and B. Naini, “Pengembangan Tes Diagnostik Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi pada Materi Tekanan Zat untuk Siswa Kelas VIII SMP,” Unnes Physics Education Journal, vol. 8, no. 1, pp. 22–27, 2019.

I. N. A. Dewi, S. Kusairi, and L. Yuliati, “Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Hukum Archimedes,” in Pros. Sem. Nas. Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi, Surabaya, Indonesia, 2016, pp. 339–343.

P. S. Nugrahanggraini, S. Kusairi, and E. Latifah, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Fluida Statis,” in Pros. Sem. Nas. Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi, Surabaya, Indonesia, 2016, pp. 387–392.

J. Radovanovic and J. Slisko, “Applying a Predict–Observe–Explain Sequence in Teaching of Buoyant Force,” Phys. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 28–34, 2013.

I. S. Datur, L. Yuliati, N. Mufti, “Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Fisika pada Materi Fluida Statis,” in Pros. Sem. Nas. Pendidikan IPA, Malang, Indonesia, 2016, pp. 294–300.

W. Widodo, L. Yuliati, and P. Parno, “Penguasaan Konsep pada Hukum Archimedes Siswa SMA,” J. Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 3, no. 6, pp. 745–750, 2018.

R. N. Fajrina, S. K. Handayanto, and A. Hidayat, “Deskripsi Penguasaan Konsep Siswa terhadap Materi Fluida Statis di Tana Paser Kalimantan Timur Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017,” in Pros. Sem. Nas. Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia, 2016, pp. 416–422.

A. M. Saifullah, “Pengembangan Instrumen Diagnostik Three-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Materi Fluida Statis pada Siswa Kelas X MIA,” S.Pd. thesis, Department of Physics, Universitas Negeri Malang, Indonesia, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v5i2p92-98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Risdia Rina Rohmayanti, Sentot Kusairi, dan Arif Hidayat



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: