Korelasi Penalaran Ilmiah dengan Penguasaan Konsep Siswa pada Topik Usaha dan Energi

Surayatum Muchoyimah, Sentot Kusairi, Nandang Mufti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi penalaran ilmiah dengan penguasaan konsep usaha dan energi siswa. Survey dilakukan dengan memanfaatkan instrumen tes penalaran ilmiah dan penguasaan konsep. Tes dilakukan terhadap 97 siswa SMA Negeri 1 Lawang yang telah mempelajari materi usaha dan energi. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata hasil tes penguasaan konsep adalah 45,59 dalam rentangan 0-100, sementara hasil penalaran siswa rata-rata 5 dari rentangan 0-13 yang dapat dikategorikan sebagai transisi awal. Penelitian menemukan bahwa penalaran ilmiah dan penguasaan konsep siswa berkorelasi positif sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Penalaran ilmiah siswa perlu mendapat perhatian dalam rangka mendukung siswa dalam menguasai konsep fisika khususnya usaha dan energi.

Keywords


Penalaran ilmiah; penguasaan konsep; usaha dan energi

Full Text:

PDF

References


D. T. Brookes and E. Etkina, “The importance of language in students’ reasoning about heat in thermodynamic processes,” Int. J. Sci. Educ., vol. 37, no. 5–6, pp. 759–779, 2015.

A. E. Lawson, “The generality of hypothetico-deductive reasoning: Making scientific thinking explicit,” Am. Biol. Teach., vol. 62, no. 7, pp. 482–495, 2000.

A. E. Lawson, B. Clark, E. Cramer‐Meldrum, K. A. Falconer, J. M. Sequist, and Y. Kwon, “Development of scientific reasoning in college biology: Do two levels of general hypothesis‐testing skills exist?,” J. Res. Sci. Teach. Off. J. Natl. Assoc. Res. Sci. Teach., vol. 37, no. 1, pp. 81–101, 2000.

W. Hung and D. H. Jonassen, “Conceptual understanding of causal reasoning in physics,” Int. J. Sci. Educ., vol. 28, no. 13, pp. 1601–1621, 2006.

C. F. Herrmann-Abell and G. E. DeBoer, “Investigating students’ understanding of energy transformation, energy transfer, and conservation of energy using standards-based assessment items,” 2011.

C. Singh and D. Rosengrant, “Multiple-choice test of energy and momentum concepts,” Am. J. Phys., vol. 71, no. 6, pp. 607–617, 2003.

L. Ding, R. Chabay, and B. Sherwood, “How do students in an innovative principle‐based mechanics course understand energy concepts?,” J. Res. Sci. Teach., vol. 50, no. 6, pp. 722–747, 2013.

L. Ding, “Designing an energy assessment to evaluate student understanding of energy topics,” 2007.

M. D. Gall, J. P. Gall, and W. R. Borg, “Educational research Boston,” MA Allyn Bacon, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p104-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Surayatum Muchoyimah, Sentot Kusairi, Nandang Mufti



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: