Pengaruh STEM-Thinking Maps pada Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Suhu dan Kalor

Laras Wastiti, Sulur Sulur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM berbantuan Thinking Maps pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini mengunakan rancangan Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN 1 Malang, Gondanglegi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan uji prasyarat ternyata terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa STEM berbantuan Thinking Maps berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM berbantuan Thinking Maps pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini mengunakan rancangan Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN 1 Malang, Gondanglegi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan uji prasyarat ternyata terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa STEM berbantuan Thinking Maps berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


STEM; Thinnking Maps; inkuiri terbimbing; kemampuan berpikir kritis; suhu dan kalor

Full Text:

PDF

References


S. Y. Lin and C. Singh, “Using an isomorphic problem pair to learn introductory physics: Transferring from a two-step problem to a three-step problem,” Phys. Rev. Spec. Top. - Phys. Educ. Res., vol. 9, pp. 11–19, 2013.

OECD, “PISA 2015 Draft Mathematics Framework,” New York: Columbia University, 2015.

OECD, PISA 2015 Results in Focus. New York: Columbia University, 2016.

Puspendik, “Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun 2015-2019,” puspendik.kemdikbud.go.id, 2019. [Online]. Available: http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/. [Accessed: 17-Jan-2020].

S. Zubaidah, “Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan yang Diajarkan Melalui pembelajaran,” in Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran" MIPA Abad 21, 2016.

S. Naurudin, Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Raja Gravindo Persada, 2016.

N. M. Suranti, Gunawan, and H. Sahidu, “Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol.

J. Afriana, A. Permanasari, and A. Fitriani, “Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender,” Inov. Pendidik. IPA, 2016.

Kurniawati, “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 10, pp. 36–46, 2014.

R. M. Capraro, M. M. Capraro, and S. W. Slough, “STEM ProjectBased Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach. STEM Project-Based Learning an Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach,” 2013.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Standar Penilaian Pendididkan. Indonesia, 2018.

Sulistiyowati, Abdurrahman, and T. Jalmo, “The effect of STEM-based worksheet on students’ science literacy,” J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 3.1, pp. 89–96, 2018.

D. Long and D. Carlson, “Mind the Map: How Thinking Maps Affect Student Achievement,” vol. vol 2, no, pp. 1–7, 2011.

L. Hakim, “Thinking Maps-An Effective Visual Strategy EFL/ESL For Learners In 21st Century Learning,” LET J., vol. 8, no. No.1. 2018, pp. 1–14, 2018.

L. Yuliati, S. Kusairi, and N. Munfaridah, “Pembelajaran Inkuiri Dengan Thinking Maps Pada Pembelajaran Fisika,” J. Pengajaran MIPA, vol. 21 (2), pp. 142–147, 2016.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

R. H. Ennis, “The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Ablities,” pp. 1–8, 2011.

Azizmalayeri, Kiumars, and Maboud Omidi, “School-based Curriculum, Theoretical Principles, Support Viewpoint and Prerequisite Necessities,” nternational J. Soc. Econ. Res. 2.2, vol. 2.2, pp. 449–455, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p110-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Laras Wastiti, Sulur Sulur



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: