Analisis Kemampuan Mahasiswa Fisika Peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) Berbasis Lesson Study dalam Memfasilitasi Pembelajaran Kelompok

Ari Dhinansah Herdhiyani, Endang Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa fisika peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) berbasis lesson study dalam memfasilitasi pembelajaran kelompok. Pengumpulan data menggunakan angket, penilaian produk, dan wawancara. Teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif menhasilkan deskripsi tentang kemampuan mahasiswa fisika dalam memfasilitasi pembelajaran kelompok. Hasil penelitan menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam memfasilitasi pembelajaran kelompok memiliki kategori cukup, kemampuan mahasiswa fiska peserta KPL dalam merencanakan pembelajaran kelompok memiliki kategori baik, kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam melaksanakan fasilitasi pembelajaran kelompok memiliki kategori cukup, dan kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam merefleksi pembelajaran kelompok memiliki kategori cukup.

Keywords


Pembelajaran kelompok; lesson study; Kajian Praktik Lapangan

Full Text:

PDF

References


D. W. Johnson and R. T. Johnson, “Introduction to cooperative learning,” An Overv. Coop. Learn. Retrieved, vol. 13, p. 2014, 2009.

D. W. Johnson and R. T. Johnson, Assessing students in groups: Promoting group responsibility and individual accountability. Corwin Press, 2003.

R. M. Gillies, A. F. Ashman, and J. Terwel, “The teacher’s role in implementing cooperative learning in the classroom: An introduction,” Teach. role Implement. Coop. Learn. Classr., p. 1, 2007.

I. Kurniasih and B. Sani, “Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan,” Kementrian Pendidik. dan Kebud., pp. 1–162, 2014.

K. Pendidikan and D. A. N. Kebudayaan, “Tema Pengembangan Kurikulum 2013,” no. September, 2013.

E. H. Nikmah, A. Fatchan, and Y. A. Wirahayu, “Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Geogr., vol. 3, no. 3, pp. 1–17, 2016.

A. Widiadi, “Problematika dan Tantangan PESEK (Pembelajaran Sejarah Emotif dan Kontroversial),” J. Sej. dan Budaya, vol. 2, no. 2, 2015.

A. Tanjung, I. Ekasasnanda, and D. Soelistijo, “Persepsi Guru Pamong Terhadap Pelaksanaan Lesson Study dalam Kajian & Praktek Lapangan (KPL),” 2017.

B. Hidayat, “Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro teaching berbasis lesson study di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro,” Hist. J. Progr. Stud. Pendidik. Sej., vol. 4, no. 2, pp. 75–80, 2016.

M. V. Juhler, “The use of lesson study combined with content representation in the planning of physics lessons during field practice to develop pedagogical content knowledge,” J. Sci. Teacher Educ., vol. 27, no. 5, pp. 533–553, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p106-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ari Dhinansah Herdhiyani, Endang Purwaningsih



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: