Pengaruh Model Pembelajaran 7E Learning Cycle Berbantuan Edmodo terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi

Safrilia Budialfiah, Dwi Haryoto, Sulur Sulur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran 7E learning cycle berbantuan edmodo terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi usaha dan energi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Jenis dan desain penelitian ini adalah quasi ekperimen dan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil perhitungan normalitas dan homogenitas data menunjukkan bahwa data peningkatan prestasi belajar pada kedua kelompok terdistribusi secara tidak normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U test (one-tailed) dengan taraf signifikan  dan diperoleh  -1,47  dan  1,64, ini menunjukkan bahwa . Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran 7E learning cycle berbantuan edmodo pada kelompok eksperimen tidak memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik.

Keywords


7E Learning Cycle; Edmodo; Peningkatan Prestasi Belajar; Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References


T. A. Kusuma and A. Harijanto, “Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Dalam Pembelajaran,” J. Pendidik. Fis. Vol., vol. 3, no. 1, pp. 336–341, 2015.

R. M. D. Guido, “Attitude and Motivation towards Learning Physics,” Int. J. Eng. Res. Technol., vol. 2, no. 11, pp. 2087–2094, 2013.

S. Kassiavera, A. Suparmi, C. Cari, and S. Sukarmin, “Student ’ s understanding profile about work-energy concept based on multirepresentation skills Student ’ s Understanding Profile About Work-Energy Concept Based on Multirepresentation Skills,” in International Conference on Science and Applied Science (ICSAS) 2019, 2019, vol. 020060, no. December, pp. 1–7.

Z. B. Takaoğlu, “Energy Concept Understanding of High School Students : A Cross-grade Study,” Univers. J. Educ. Res., vol. 6, no. 4, pp. 653–660, 2018.

S. Muchoyimah, S. Kusairi, and N. Mufti, “Identifikasi Kesulitan Siswa pada Topik Usaha dan Energi,” in Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 2016, vol. 1, pp. 492–500.

I. D. Rahmatina, Sutopo, and Wartono, “Identifikasi Kesulitan Siswa SMA pada Materi Usaha-energi,” Phys. Educ. J., vol. 2(1), pp. 8–14, 2018.

Kemendikbud, “Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013.” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2014.

N. Balta and H. Sarac, “The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta- Analysis Study,” Eur. J. Educ. Res., vol. 5, no. 2, pp. 61–72, 2016.

U. Turgut, A. Colak, and R. Salar, “How is The Learning Environment in Physics Lesson With Using7E Model Teaching Activities,” Eur. J. Educ. Stud., vol. 3, no. 6, pp. 1–28, 2017.

A. Eisenkraft, “Expanding the 5E model,” Sci. Teach., vol. 70(6), pp. 56–59, 2003.

I. Imaniyah, Siswoyo, Bakri, and Fauzi, “Pegaruh Model Pembelajaran 7E Leaning Cycle Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 1(1), pp. 17–24, 2015.

N. Balta and H Sarac, “The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta- Analysis Study,” Eur. J. Educ. Res., vol. 5(2), pp. 61–72, 2016.

Permendikbud, Permendikbud Nomor 22, Tahun 2016, Tentang Standar ProsesPenidikan Dasar dan Menengah. 2016.

D. I. Ekici, “The Use Of Edmodo In Creating An Online Learning Community Of Practice For Learning To Teach Science,” Malaysian Online J. Educ. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 91–106, 2017.

S. Sugito, S. M. E. Susilowati, H. Hartono, and S. Supartono, “The Learning Syntax Through Edmodo in the Beginners Class,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 6, no. 4, p. 299, 2017.

Sudibjo and A. Wasis, “Penggunaan Media Pembelajaran Fisika dengan e-learning berbasis edmodo blog education pada materi alat optik untuk meningkatkan respon motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Ngeri 4 Surabaya,” J. Inov. Pendidik. Fis., vol. 2(3), pp. 187–190, 2013.

A. Al-Rabaani and F. Al Wahaibi, “Female Student Achievement Using Edmodo In The Eleventh-Grade Economic Geography,” J. Technol. Inf. Educ., vol. 11(1), pp. 38–47, 2019.

P. F. Vania, W. Setiawan, A. Fany, and C. Wijaya, “Edmodo as Web-Based Learning to Improve Student ’ s Cognitive and Motivation in Learning Thermal Physics,” J. Sci. Learn., vol. 1(June), pp. 1–6, 2018.

I. Setyasih and Dkk, “The Effect of Learning Cycle 7E Model for Geographic Achievement on Multi-ethnic Students,” Int. Conf. Geogr. Educ., vol. 79, pp. 310–315, 2016.

F. A. Adseoji and M. I. Idika, “Effects of 7E Learning Cycle Model and Case-Based Learning Strategy on Secondary School Students’ Learning Outcomes in Chemistry,” J. Int. Soc. Teach. Educ., vol. 19(1), pp. 7–11, 2015.

E. Gray and N. Sofyan, “The Effectiveness of Using Edmodo in Enhancing Student’s Outcomes in Advance Writing Course of The Fifth Semester at FIP-UMMU,” ournal English Educ., vol. 2(1), pp. 1–11, 2017.

N. E. Yuniarti and M. Ifadah, “Keefektifan Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Online di Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 9 Semarang,” in Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 2018, pp. 460–464.

G. Sharma, “Pros and Cons of different sampling techniques,” Int. J. Appl. Res., vol. 3(7), pp. 749–752, 2017.

D. H. Wibowo, “Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi Di Jenjang Sekolah Dasar,” J. Psikol. Undip, vol. 14, no. 2, pp. 148–159, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i2p7-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Safrilia Budialfiah, Dwi Haryoto, Sulur Sulur



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: