Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) Berbasis Lesson Study Tahun 2018 dalam Membuka Pelajaran Di Sekolah Menegah Atas Malang

Zahro'ul Aini, Sugiyanto Sugiyanto, Endang Purwaningsih

Abstract


Perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia menuntut guru memiliki kemampuan serta kompetensi yang unggul. Pembelajaran fisika yang baik hanya mungkin dikembangkan oleh guru fisika profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan dan merefleksi pembelajaran dengan baik. Membuka pelajaran merupakan salah satu kemampuan profesional yang penting karenanya perlu direncanakan, dilaksanakan, dan direfleksi dengan baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam membuka pelajaran dengan menggunakan pendekatan desktiptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Berdasar data dari angket, penilaian produk RPP, video pembelajaran dan lembar refleksi lesson study serta wawancara disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam membuka pelajaran adalah baik.

Keywords


Guru profesional; membuka pelajaran fisika; KPL; lesson study

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud, “Kurikulum 2013.” 2013.

U. Sumardjono and S. Padmomartono, Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ombak, 2014.

Carson, Katherine, and D. Vaille, “A teacher profesional development model for teaching socioscientific issues,” Teach. Sci., 2016.

H. M. Wartono, Kemampuan/ Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang, 2007.

A. I. Fatimah, “No TitleProfil Kemampuan Mahasiswa Peserta KPL dalam Mengembangkan RPP Fisika di SMA,” Universitas Negeri Malang, 2017.

I. T. Negoro, “Problematika Yang Dihadapi Mahasiswa PPKn Dalam Melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Di SMP Kota Malang Semester Genap Tahun 2008/2009,” Online, 2009. [Online]. Available: http://jurnal-online.um.ac.id. [Accessed: 25-Apr-2018].

Widarto, Penelitian Ex Post Facto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif RND. Bandung: Alfabeta, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i2p15-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Zahro'ul Aini, Sugiyanto Sugiyanto, Endang Purwaningsih



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: