Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Swishmax 4 untuk Membantu Siswa dalam Menganalisis Besaranbesaran Fisis pada Gerak Lurus

Atik Nur Aminah, Dwi Haryoto

Abstract


Penelitian dan pengembangan produk ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dan mengetahui keterlaksanaan pengembangan media pembelajaran berbantuan swishmax 4 untuk membantu siswa dalam menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah model Thiangrajan, dimana model penelitian dan pengembangan tersebut dinamakan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Desminate (penyebarluasan). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop (pengembangan), karena penelitian ini hanya sampai pada uji terbatas (validasi ahli dan uji coba terbatas oleh siswa), sehingga pada tahap Desminate (penyebarluasan) tidak digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan validasi media sebesar 3,5 dengan kriteria valid, validasi materi sebesar 3,1 dengan kriteria cukup valid, dan angket respon siswa sebesar 90,0% dengan kriteria sangat layak.


Keywords


Media pembelajaran; Swishmax 4; Menganalisis; Besaran fisis; Gerak lurus.

Full Text:

PDF

References


E. Y. Wijaya, D. A. Sudjimat, A. Nyoto, and U. N. Malang, “Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2016, vol. 1, no. 26, pp. 263–278.

B. Prasetyo and U. Trisyanti, “Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial,” IPTEK J. Proc. Ser., no. 5, pp. 22–27, 2018.

O. Hamalik, Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001.

Kemendikbud, “Permendikbud Nomor 35 tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurilkulum Sekolah

enengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah,” Jakarta, pp. 1–16, 2018.

S. V. Laksita, S. Supurwoko, and S. Budiawanti, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dalam Bentuk Pocket Book pada Materi Alat Optik Serta Suhu dan Kalor Untuk Kelas X SMA’,” J. Mater. dan Pembelajaran Fis., 2013.

N. Mahnun, “Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran),” An-Nida’, vol. 37, no. 1, pp. 27–34, 2012.

R. Hidayati, Psikologi Perkembangan. Kudus: Badan Penerbit niversitas Muria Kudus, 2019.

Puspendik, “Hasil UN Puspendik Kemendikbud,” 2019. [Online]. Available:

https://hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id. [Accessed: 08-May-2020].

Y. Yolanda, “Remediasi miskonsepsi kinematika gerak lurus dengan pendekatan STAD,” SPEJ (Science Physic Educ. Journal), vol. 1, no. 1, pp. 39–48, 2017.

Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

N. Y. Sari, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Swishmax pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung.”

UIN Raden Intan Lampung, 2018.

I. Isnawati, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Menggunakan Swismax pada Materi Tekanan SMP Kelas VIII,” UIN Raden Intan Lampung, 2018.

B. Fredy, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Swishmax-4 pada Materi Gerak Melingkar Beraturan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X,” J. Pendidik. Fis. Univ. Negeri Malang, vol. 3, 2014.

Thiagarajan and Sivasailam, "Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, no. Mc. Washington DC: National Center for Improvement Educational System, 1974.

Ditjen PMTK, “penulisan Modul.” Ditjen PMPTK Depdiknas, Jakarta, 2008.

K. R. Pradipta, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia dengan Menggunakan SwishMax 4 pada Materi Kinematika Gerak Lurus untuk Siswa SMA,” Universitas Negeri Malang, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v3i2p20-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Atik Nur Aminah, Dwi Haryoto



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: