Analisis Hubungan antara Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Pemahaman Konsep pada Materi Osilator Sederhana Mahasiswa Jurusan Fisika

Salma Silfitri, Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep  mahasiswa pada materi osilator harmonik sederhana. Responden dalam penelitian ini berjumlah 35 mahasiswa dengan rincian 19 mahasiswa program studi pendidikan fisika dan 16 mahasiswa program studi fisika murni. Didapatkan hasil koefisien korelasi sebesar (r-hitung > r-tabel) adalah sebesar 0,460 > 0,334 yang berarti terdapat hubungan signifikan dan positif sehingga semakin besar motivasi belajar maka semakin besar pula pemahaman konsepnya. Motivasi belajar terhadap hasil belajar berpengaruh sebesar 21% sementara, 79% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


motivasi; pemahaman konsep; osilator harmonik sederhana

Full Text:

PDF

References


A. Pujianto, “Analisis konsepsi siswa pada konsep kinematika gerak lurus,” JPFT (J. Pendidik. Fis. Tadulako Online), vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2013.

P. D. Eggen and D. P. Kauchak, Strategies and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills, 6th ed. Boston: Pearson, 2012.

S. U. Supardi, L. Leonard, H. Suhendri, and R. Rismurdiyati, “Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika,” Formatif: J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 2, no. 1, pp. 71–81, 2015.

Badan Satuan Nasional Pendidikan, Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Puslitbang Kemdikbud, 2013.

H. Masni, “Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa,” J. Ilm. Dikdaya, vol. 5, no. 1, pp. 34–45, 2017.

Harmini, Triana, and L. Effendi. "The effect of the use of differentiated instruction-based module on students’ learning motivation," Unnes J. Math. Educ., vol. 7, no. 3, pp. 141–146, 2018.

M. Li, Y. Liu, L. Liu, and Z. Wang, "Proactive personality and innovative work behavior: The mediating effects of affective states and creative self-efficacy in teachers," Current Psychology, vol. 36, no. 4, pp. 697–706, 2017.

D. Gasong, Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

M. Cleopatra, “Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika,” Formatif: J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 5, no. 2, pp. 168–181, 2015.

S. Slameto, "Critical thinking and its affecting factors," J. Penelitian Humaniora, vol. 18, no. 2 pp. 1–11, 2017.

M. A. K. Yusri, “Hubungan motivasi dan sikap dengan hasil belajar pada mata kuliah komputer grafis,” Pedagogi: J. Ilm. Pendidik., vol. 16, no.1, pp. 11–18, 2016.

M. Farhan and H. Retnawati, “Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 227–240, 2014.

A. M. Taiyeb and N. Mukhlisa, “Hubungan gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau,” Bionature, vol. 16, no. 1, pp. 8–16, 2015.

Y. Setianingsih, H. Akhsan, and N. Andriani. "Relasi rekursi dan ortogonalitas polinom hermite pada fungsi gelombang osilator harmonik kuantum dalam studi kasus ketidakpastian heisenberg," in Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 163–170.

S. Aprilia, S. Syuhendri, and N. Andriani, “Analisis pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Fisika, IPA dan Ilmu Fisika dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045, FKIP Universitas Sriwijaya, Palembang, 2015, pp. 159–169.

P. Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

I. D. Palittin, W. Wolo, and R. Purwanty, “Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa,” Magistra: J. Kegur. Ilm. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 101–109, 2019.

L. Ajul, N. Ain, and M. N. Hudha, "Metode pembelajaran children learning in science (CLIS): Efektifkah meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika?", Jurnal Riset Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 2, pp. 98–103, 2019.

N. Afryansih, “Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa geografi SMAN 5 Padang,” J. Spasial: Penelitian, Terapan Ilm. Geo., Pendidik. Geo., vol. 3, no. 1, pp. 82–92, 2017.

M. Yusuf, M. D. Hidayatullah, and I. T. Pamungkas, "Analisis hubungan motivasi belajar dengan pemahaman konsep gerak lurus mahasiswa pendidikan fisika," Jurnal Riset Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 49–55, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i1p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Salma Silfitri, Muhammad Yusuf



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: