Pengaruh E-Modul Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif

Dini Mahirotul Aulia, Parno Parno, Sentot Kusairi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri 9 Malang kelas XI yang belajar menggunakan E-Modul berbasis TPACK-STEM yang disajikan dengan model PBL-STEM disertai asesmen formatif pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimrn semu (quasi experiment) dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrument yang digunakan berupa soal uraian materi alat optik dengan reliabilitas 0,87. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 25,18 dan nilai rata-rata posttest sebesar 36,26. Berdasarkan hasil analisis data paired sampel test  diperoleh t hitung > t tabel = 41,858>2,024 dan nilai sigifikansi lebih kecil dari 0,05 maka maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains setelah diberi perlakuan lebih tinggi dari pada kemampuan literasi sains sebelum diberi perlakuan.


Keywords


E-Module, PBL-STEM, Science Literacy

Full Text:

PDF

References


OEDC, 2015, PISA 2015 Draft Science Framework. Dari : www.oedc.org/pisa/pisaproducts/Draft.pdf.

Hermawan and A. Arief, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Scientific Pada Materi Alat Optik untuk Melatihkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 3 Surabaya," J. Inovasi Pendidikan Fisika. Univ. Negeri Surabaya, vol. 3, no. 3, pp 96-102, 2014.

D. Agnes, I. Kaniawati, and A. Danawan, "Analisis Deskriptif Tes Tiga Tingkat Materi Optik Geometri dan Alat Optik," Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015.Univ. Pendidikan Indonesia, pp 597-600, 2015.

N. M. S. Suniati, W. Sadia, and A. Suhandana, "Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantu Multimedia Interaktif Terhadap Penurunan Miskonsepsi," E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 4, no. 1, 2013.

A. Rokhmah, W. Sunarno, and M. Masykuri, " Science Literacy Indicators In Optical Instruments of Highschool Physics Textbooks Chapter," Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Univ. Negeri Semarang, vol. 13, no.1, pp 19-24, 2017.

OEDC. 2007. PISA 2006 Science Competencies for Tomorrow’s World. Dari : www.oedc.org/unitedstates.

F. Kurnia, Zulherman, and A. Fathurohman, " Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains," Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Univ. Sriwijaya, vol. 1, no. 1, pp 43-47, 2014.

M. Handayani, A. Rusilowati, and S. Sarwi, "Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Literasi Sains pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP," Unnes Physics Education Journal, Univ. Negeri Semarang, vol. 9, no. 1, pp 79-88, 2020.

A. D. Safitri, A. Rusilowati, and Sunarno, "Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Literasi Sains Bertema Gejala Alam," Unnes Physics Education Journal, Univ. Negeri Semarang, vol. 4, no. 2, pp 32-40, 2015.

T. E. Yuliyanti, and A. Rusilowati, " Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Berdasarkan Muatan Literasi Sains di Kabupaten Tegal," Unnes Physics Education Journal, Univ. Negeri Semarang, vol. 3, no. 2, pp 68-72, 2014.

M. W. C. Raharjo, S. Suryati, and Y. Khery, " Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Mendorong Literasi Sains Siswa," Hydrogen : Jurnal Kependidikan Kimia, Univ. Pendidikan Mandalika, vol. 5, no. 1, pp 8-13, 2017.

D. N. Sari, A. Rusilowati, and M. Nuswowati, " Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa," Pancasakti Science Education Journal, Univ. Panca Sakti, vol. 2, no. 2, pp 114-124, 2015.

W. Wardiana," Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia," Makalah disampaikan pada Seminar dan Pameran Teknologi Informasi 2002, Fakultas Teknik UNIKOM.

K. A. Lawless and J. W. Pellegrino, " Professional Development in Integrating Technology into Teaching and Learning : Knowns, Unknowns, and Ways to Pursue Better Questions Answers," Creative Education Journal, vol. 7, no. 10, pp 576-614, 2007.

Abdullah, Haerpratiwi, and Tarkono, " Pengembangan Bahan Ajar Modul Interaktif Konsep Dasar Kerja Motor 4 Langkah," Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, Univ. Lampung, vol. 1, no. 1, 2013.

H. H. Wang, T. J. Moore, G. H. Roehriq, and M. S. Park, " STEM Integration : Teacher Preceptions and Practice," Journal of Pre-College Engineering Education Research, vol. 1, no. 2, pp 1-13, 2011.

P. Black and D. William, " Inside the black box: Rising standars through classroom assessment," Phi Delta Kappan, vol. 80, no. 2, pp 139, 1998.

McManus, " Attributes of effective formative assessment," 2008.

C. Box, " Formative assessment in United States classrooms: changing the landscape of teaching and learning (1st edition)," New York, NY: Springer Science+Business Media, 2019.

J. Popham, " Transformative Assessment. Alexandria," Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development, 2008.

C. Harrison, " Assessment for Learning in Science Classrooms," Journal of Research in STEM Education, vol. 1, no. 2, 2015.

C. D. Imaningtyas, P. Karyanto, Nurmiyati, and L. Asriani, "Penerapan E-Modul berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIA 6 SMAN 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2014/2015," Jurnal Pendidikan Biologi, Univ. Sebelas Maret, vol. 9, no. 1, pp 4-10, 2016.

U. Toharudin, S. Hendrawati, and A. Rustaman, "Membangun Literasi Sains Peserta Didik," Bandung: Humaniora, 2011.

J. Jolly and C. Jacob, " A Study of Problem Based Learning Approach For Undergraduate Students," Asian Social Science, vol. 8, no. 15, pp 157, 2012.

S. Saptoni, N. Y. Rustaman, Saefudin, and A. Widodo, "Memfasilitasi High Order Thinking Skills dalam Perkuliahan Biologi Sel Melalui Model Integrasi Atribut Asesmen Formatif," Unnes Science Education Journal, Univ. Negeri Semarang, vol. 5, no. 3, pp 1408-1417, 2016.

L. F. Lowery, "NSTA Pathways to The Scince Standard," Arlington : National Science Teacher Association, 2000.

D. P. Shepardson and S. Beitsch, "Tools for Teaching, Learning and Assessing," Childern's Science Journal, vol. 34, no. 5, pp 13-17, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i1p7-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dini Mahirotul Aulia



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: