Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Materi Elastisitas dan Hukum Hooke pada Siswa SMA

Errina Amatul Firdausi, Agus Suyudi, Lia Yuliati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola penalaran ilmiah siswa yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method jenis explanatory sequential. Subjek yang digunakan sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan berupa 8 butir soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas 0,646. Analisis kuantitatif penalaran ilmiah sesuai dengan rubrik pola penalaran ilmiah correlational reasoning, proportional reasoning, dan probabilistic reasoning. Analisis kualitatif menggunakan wawancara untuk mendukung hasil analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran ilmiah siswa pada pola correlational reasoning paling banyak pada kategori one cell. Pada pola proportional reasoning paling banyak pada kategori ratio. Pada pola probabilistic reasoning paling banyak pada kategori approximate. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran ilmiah siswa tergolong rendah karena siswa hanya mampu mencapai level tertinggi pada pola proportional reasoning.

Keywords


penalaran ilmiah; elastisitas dan hukum Hooke; correlational reasoning; proportional reasoning; probabilistic reasoning

Full Text:

PDF

References


H. F. Nurul, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 1 Indralaya,” J. Inov. dan pembelajaran Fis., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2016.

M. Ikhwanul, A. Halim, dan R. Safitri, “Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri Unggul Harapan Persada,” J. Pendidik. Sains Indones. (Indonesian J. Sci. Educ.), vol. 3, no. 2, pp. 35–50, 2015.

A. Suci, S. Syuhendri, dan N. Andriani, “Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Gerak Harmonik Sederhana,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., 2015, pp. 159–169.

D. Puspitasari, Prastowo, dan T. Prihandono, “Analisis Pemahaman Konsep Siswa tentang Elastisitas di Kelas XI SMA,” J. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 4, pp. 1–6, 2017.

S. H. B. Prastowo, D. Puspitasari, dan T. Prihandono, “Analisis Pemahaman Konsep Siswa tentang Elastisitas di Kelas XI SMA,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. 2017, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2017.

S. Syuhendri, “Pembelajaran Perubahan Konseptual: Pilihan Penulisan Skripsi Mahasiswa,” Forum MIPA, vol. 13, no. 2, pp. 133–140, 2010.

J. L. Docktor dan J. P. Mestre, “Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics,” Phys. Rev. Spec. Top. Educ. Res., vol. 10, no. 2, p. 020119, 2014.

B. M. Abdul, “Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif,” J. Pendidik. Mat. FKIP Unissula, vol. 3, no. 1, pp. 106–114, 2015.

R. Ety, P. Parno, dan M. Diantoro, “Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 2, no. 6, pp. 833–839, 2017.

N. Shofiyah, Z. A. I. Supardi, dan B. Jatmiko, “Mengembangkan Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning) Siswa Melalui Model Pembelajran 5e pada Siswa Kelas X SMAN 15 Surabaya,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 2, no. 1, pp. 83–87, 2013.

K. Rahayu, “Menumbuhkan Daya Nalar (Power of Reason) Siswa Melalui Pembelajaran Analogi Matematika,” Infin. J., vol. 1, no. 1, pp. 10–18, 2012.

C. J. Wenning, “Levels of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science,” J. Phys. Teach. Educ. online, vol. 5, no. 4, pp. 11–20, 2010.

S. Ketut, “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Peningkatan Penguasaan Konten dan Penalaran Ilmiah Calon Guru Fisika,” J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 43, no. 6, pp. 47–55, 2010.

S. Subiki dan B. Supriadi, “Identifikasi Kemampuan Penalaran Ilmiah (Scientific Reasoning) Siswa SMA di Kabupaten Jember pada Pokok Bahasan Dinamika,” FKIP e-PROCEEDING, vol. 3, no. 1, pp. 121–126, 2018.

A. E. Lawson et al., “Development of Scientific Reasoning in College Biology: Do Two Levels of General Hypothesis‐Testing Skills Exist?,” J. Res. Sci. Teach. Off. J. Natl. Assoc. Res. Sci. Teach., vol. 37, no. 1, pp. 81–101, 2000.

N. R. Council, Inquiry and the National Science Education Standards: A Guide for Teaching and Learning. Washington, D.C.: National Academies Press, 2000.

A. Dessy, I. Kaniawati, dan I. R. Suwarma, “Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Control of Variable Siswa SMP Pada Hukum Pascal,” Pros. Semin. Nas. Fis., vol. 6, 2017, pp. 35–40.

J. A. Ross dan E. Smyth, “Differentiating Cooperative Learning to Meet the Needs of Gifted Learners: A Case for Transformational Leadership,” Talent. Gift., vol. 19, no. 1, pp. 63–82, 1995.

L. Richard, T. R. Post, dan M. Behr, “Proportional Reasoning: Number Concepts and Operations in the Middle Grades,” Natl. Counc. Teach. Math. Lawrence Erlbaum Assoc., pp. 93–118, 1988.

J. Sowder et al., “Educating Teachers to Teach Multiplicative Structures in the Middle Grades,” J. Math. Teach. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 127–155, 1998.

V. Gabriela dan E. Castro, “Prospective Elementary School Teachers’ Proportional Reasoning,” Pna, vol. 7, no. 1, pp. 1–19, 2012.

M. Henry dan S. Handley, “Is Inferential Reasoning Just Probabilistic Reasoning in Disguise?,” Mem. Cognit., vol. 33, no. 7, pp. 1315–1323, 2005.

F. R. Curcio, “Comprehension of Mathematical Relationships Expressed in Graphs,” J. Res. Math. Educ., vol. 18, no. 5, pp. 382–393, 1987.

R. S. Russ, R. E. Scherr, D. Hammer, dan J. Mikeska, “Recognizing Mechanistic Reasoning in Student Scientific Inquiry: A Framework for Discourse Analysis Developed from Philosophy of Science,” Sci. Educ., vol. 92, no. 3, pp. 499–525, 2008.

R. J. Swartz dan D. Perkins, “The Nine Points About Teaching Thinking,” dalam If Minds Matter: A Foreward to the Future. Palatine IL: Skylights, 1989, pp. 257–266.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v5i2p69-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Errina Amatul Firdausi, Agus Suyudi, Lia Yuliati



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: