Meningkatkan HOTS Siswa Melalui Penerapan LKS Berbasis Open-Ended Problem dalam Pembelajaran IPA

Sunaryo Romli, Agustiawan Agustiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan HOTS siswa melalui penerapan lembar kerja siswa (LKS) berbasis open-ended problem pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dengan instrument HOTS, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan pada pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dikatakan berhasil jika memenuhi indikator keberhasilan, yaitu (1) HOTS siswa pada siklus I meningkat dari prasiklus dan meningkat dari siklus I ke siklus berikutnya, dan (2) nilai tes HOTS siswa mencapai KKM yaitu ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal ≥ 85%. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS sebelum tindakan sebanyak 10 siswa tuntas (40%) dengan nilai rata-rata kelas 46,81 dan predikat keterampilan HOTS sedang. Setelah tindakan menjadi 22 siswa tuntas (88%) dengan rata-rata kelas 82,38 dan predikat keterampilan HOT tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan LKS berbasis open-ended problem pada pembelajaran IPA terbukti efektif meningkatkan HOTS siswa.


Keywords


LKS; open-ended poblem; HOTS.

Full Text:

PDF

References


OECD, PISA 2015 Results (Volume III): Students' Well-Being. Paris: OECD Publishing, 2017.

E. Rofiah, “Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP,” S.Pd. undergraduate thesis, Department of Physics Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia, 2013.

D. Emilya, D. Darmawijoyo, and R. I. I. Puri, “Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang,” J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 8–18, 2010.

A. S. Ruslan and B. Santoso, "Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kreano," J. Mat. Kreatif-Inovatif, vol. 4, no. 2, pp.138–150, 2013.

N. E. Adams, "Bloom’s Taxonomy of Cognitive Learning Objectives," J. Medic. Lib. Assoc.: JMLA, vol. 103, no. 3, p.152–153, 2015.

A. A. Yahya, "Swarm Intelligence-Based Approach for Educational Data Classification," J. King Saud Univ.-Comp. Inf. Sci., vol. 31, no. 1, pp.35–51, 2019.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press, 2011.

I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model,” J. Ika, vol. 11, no. 1, pp. 12–26, 2013.

I. R. Ula and A. Fadila, "Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP," Desimal: J. Mat., vol. 1, no. 2, pp.201–207, 2018.

S. Kaymakci, “A Review of Studies on Worksheets in Turkey,” US-China Educ. Rev. A, vol. 1, pp. 57–64, 2012.

S. Romli, A. Abdurrahman, and B. Riyadi, “Designing Students’ Worksheet based on Open-Ended Approach to Foster Students’ Creative Thinking Skills,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 948, no. 1, pp. 1–6, 2018.

J. McNiff and J. Whitehead, All You Need to Know About Action Research. Los Angeles, CA, USA: SAGE Publications, 2011.

M. D. Kusuma, U. Rosidin, A. Abdurrahman, and A. Suyatna, “The Development of Higher Order Thinking Skill (HOTS) Instrument Assessment in Physics Study,” IOSR J. Res. Method Educ., vol. 07, no. 01, pp. 26–32, 2017.

H. Siswono, “Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa,” Momentum: Phys. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 83–90, 2017.

D. Darmaji, D. A. Kurniawan, and A. Suryani, “Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines based on Science Process Skills,” JIPF (J. Ilmu Pendidik. Fis.), vol. 4, no. 1, pp.1–7, 2019.

C. Dewi, B. Astuti, and S. E. Nugroho, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Bahan Ajar Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 7, no. 2, pp. 22–28, 2018.

D. Purnamawati, C. Ertikanto, and A. Suyatna, “Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 2, p. 209–219, 2017.

S. Mahtari, M. Wati, S. Hartini, M. Misbah, and D. Dewantara, "The Effectiveness of The Student Worksheet with PhET Simulation used Scaffolding Question Prompt," J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1422, no. 1, p. 012010, 2020.

L. Oktaviani and N. Tari, “Implementasi Open-Ended Problem dalam Mata Kuliah Statistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mahasiswa Manajemen Food and Baverage Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya,” Pedagogia, vol. 15, no. 2, pp. 132–142, 2017.

J. Lee and H. Choi, “What Affects Learner's Higher-Order Thinking in Technology-Enhanced Learning Environments? The Effects of Learner Factors,” Comp. Educ., vol. 115, pp.143–152, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v5i2p113-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sunaryo Romli dan Agustiawan



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: