Implementasi Metode Collaborative Learning disertai Socratic Questioning terhadap Penguasaan Konsep

Anggraining Widinintyas, Sentot Kusairi, Nandang Mufti

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep antara kelas yang menggunakan pembelajaran Collaborative Learning disertai Socratic Questioning dibanding dengan pembelajaran fisika menggunakan pembelajaran Scientific Approach. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan penelitian pretest-posttest control group design. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik random cluster sampling. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Singosari, Malang, Indonesia pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA C sebagai kelas eksperimen dan XI IPA E sebagai kelas kontrol. Pilihan sampel didasarkan pada penyesuaian materi yang digunakan. Pengambilan data menggunakan metode tes dan instrumen yang digunakan pada penilaian ini adalah 11 pertanyaan pilihan ganda beralasan pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan independent sample t-test didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil rata-rata nilai post-test antara hasil pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal tersebut mempunya arti bahwa ada pengaruh menggunakan Collaborative Learning disertai Socratic Questioning pada penguasaan konsep.


Keywords


Collaborative Learning; Socratic Questioning; penguasaan konsep; suhu dan kalor

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i2p118-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anggraining Widinintyas



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: