Analisis Keefektifan Pembelajaran Sebelum dan Selama Pandemi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Pengukuran

Yustinus Maksimilianus Dhey Nesi, Seli Aditya, Yola Ivonny Harianto, Parno Parno, Endang Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang efektivitas pembelajaran sebelum dan selama pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Sampel dari penelitian ini adalah 196 peserta didik kelas VII SMPK Frateran Ndao, masing-masing sebanyak 98 peserta didik diambil dari Kelas VII pada tahun ajaran 2019/2020 dan 98 peserta didik diambil dari Kelas VII pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Pengambilan data dilakukan setelah proses pembelajaran dan penilaian oleh guru terhadap siswa, peneliti melakukan pengumpulan hasil belajar kognitif siswa kelas VII pada materi pengukuran dan juga melakukan wawancara kepada guru dan siswa. Data dianalisis menggunakan Uji T Independen. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,067. Hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa sebelum dan selama pandemi. Hasil belajar kognitif siswa yang diajar secara daring sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka di ruang kelas. Hal ini disebabkan karena karakteristik pembelajaran online (daring) yang memungkinkan siswa untuk belajar kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran daring juga menyediakan ruang dan waktu yang luas untuk siswa mengembangkan pengetahuannya.


Keywords


efektivitas; ex post facto; hasil belajar selama pandemi

Full Text:

PDF

References


Ilmiyah, S. (2020, Februari 11). Surotul Ilmiyah-PBNU Menjawab Tantangan Virus Corona. Dipetik April 18, 2020, dari YouTubealobatnic:https://youtu.be/SPdc4WT8BCg.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. 2020. Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 20200205. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8.

Harisuddin, M. I. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smpn 2 Kotabaru. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI, 205–215.

Herliandry, L.D., Nurhasanah, Suban, M.E., & Kuswanto, H. 2020. Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Kemendikbud, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Co Ro Naviru S D/Sease (Covid-19).1.

Ali Sadikin, A. H. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A. L., & Hendriyani, Y. 2020. Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. 12(3), 385–392.

D. R. Hidayat, A. Rohaya, F. Nadine, and H. Ramadhan, “Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 34, no. 2, pp. 147–154, 2020, doi: 10.21009/pip.342.9.

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. 2020. The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Kumar, V., & Nanda, P. 2018. "Social Media in Higher Education." International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Yulia, Henny. 2020. Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. Eternal : English Teaching Journal, 11(1), 48-56.

Mulyadi, E. 2020. Pembelajaran Daring Fisika Melalui Whatsapp , Google Form , Dan Email Dalam Capaian Presensi Aktif Dan Hasil Belajar Peserta Didik. J. Karya Ilm. Guru, 5(1), 34–41.

Nguyen, Tuan. 2015. The Effectiveness of Online Learning : Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309-319.

Neuhauser, C. 2002. Learning Style and Effectiveness of Online and Face-to-Face Instruction. The American Journal of Distance Education, 16(2), 99–113.

Shachar, M. 2010. Twenty Years of Research on the Academic Performance Differences Between Traditional and Distance Learning: Summative Meta-Analysis and Trend Examination. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 6(2), 318-334.

Permata A., & Bhakti, Y.B. 2020. Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Di Masa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), 4(1), 27–33.

Ratnawati, F.A. 2020. Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi dengan Aplikasi Google Classroom pada Materi Usaha dan Energi. J. Karya Ilm. Guru, 5(1), 49–55.

Sur, W.A.A., Hasanah, M., Mustofa, M. R. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Equation IAIN Bengkulu, 3(2), 157-171.

Nofrion. 2018. KOMUNIKASI PENDIDIKAN : Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran, Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group,




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i1p66-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yustinus Maksimilianus Dhey Nesi, Seli Aditya, Yola Ivonny Harianto, Parno Parno, Endang Purwaningsih



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: