Analisis Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Materi Cahaya dan Alat Optik
Abstract
Penguasaan konsep merupakan faktor penting dalam pembelajaran. Cahaya dan alat optik merupakan salah satu konsep IPA yang sering dijumpai dalam penerapan kehidupan sehari-hari dan dikenal sejak awal perkembangan siswa tetapi penguasaan konsep siswa masih rendah [1], [2]. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa SMP pada materi cahaya dan alat optik. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Jumlah sampel yaitu 136 siswa SMP kelas IX yang terdiri dari 30 siswa kelas unggulan dan 106 siswa kelas reguler. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Soal telah divalidasi dan telah diuji reliabilitasnya dalam kategori sedang (Cronbach’s Alpha: 0,60). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Penguasaan konsep siswa materi cahaya dan alat optik diperoleh nilai rerata sebesar 63,26 menunjukkan kategori baik. Hasil analisis nilai rerata penguasaan konsep siswa pada kelas unggulan sebesar 76,83 termasuk kategori baik dan kelas reguler 59,43 termasuk kategori cukup. Hasil analisis menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai konsep cahaya dan alat optik. Pendidik dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk mengembangkan penelitian berikutnya dengan memberikan perlakuan atau remidiasi, sehingga dapat mengantisipasi dan memperbaiki kesalahan konsep atau kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. Kaewkhong, A. Mazzolini, N. Emarat, and K. Arayathanitkul, “Thai high-school students’ misconceptions about and models of light refraction through a planar surface,” Phys. Educ., vol. 45, no. 1, pp. 97–107, Jan. 2010, doi: 10.1088/0031-9120/45/1/012.
Sutopo, “Miskonsepsi pada Optika Geometri dan Remidiasinya,” J. Teach. Qual. Improv. Programs, vol. 5, no. 2, pp. 356–368, 2014.
D. . Krathwohl and Anderson L.W, “Merlin C. Wittrock and the Revision of Bloom’s Taxonomy,” Educ. Psychol., vol. 45, no. 1, pp. 64–65, Jan. 2010, doi: 10.1080/00461520903433562.
Alfika Z.A and T. Mayasari, “Profil Kemampuan Memecahkan Masalah Pelajaran Fisika Siswa MTs,” 2018.
D. W. Johnson and R. T. Johnson, “2 Cooperative Learning and Social Interdependence Theory,” 1998.
F. Ouattara and B. Boudaoné, “Teaching and learning in geometrical optics in Burkina Faso third form classes: Presentation and analysis of class observations data and students’ performance,” Br. J. Sci., vol. 5, no. 1, 2012.
W. . Sheftyawan, P. T., and A. . Lesmono, “Identifikasi MIskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri,” 2018.
P. C. Lanchester, “Studies of the reflection, refraction and internal reflection of light,” Phys. Educ., vol. 49, no. 5, pp. 532–536, Sep. 2014, doi: 10.1088/0031-9120/49/5/532.
H.-E. Chu and D. F. Treagust, “Secondary Students’ Stable and Unstable Optics Conceptions Using Contextualized Questions,” J. Sci. Educ. Technol., vol. 23, no. 2, pp. 238–251, 2014, doi: 10.1007/s10956-013-9472-6.
Z. Hadzibegovic and M. Klokic, “Optical phenomena in the atmosphere: Questionnaire results of high school students’ knowledge and understanding,” 2016, p. 310003, doi: 10.1063/1.4944313.
B. Andersson and F. Bach, “On designing and evaluating teaching sequences taking geometrical optics as an example,” Sci. Educ., vol. 89, no. 2, pp. 196–218, 2005, doi: 10.1002/sce.20044.
P. Hubber, “Year 12 students’ mental models of the nature of light,” Res Sci Educ, vol. 36, 2006, doi: 10.1007/s11165-006-9013-x.
C. Solomonidou and D. Kolokotronis, “The role of constructivist educational software on students’ learning regarding mechanical interaction,” Educ Inf Technol, vol. 13, 2008, doi: 10.1007/s10639-008-9058-8.
H. S. Ayvaci, M. Yildiz, and H. Bakirci, “An evaluation of the instruction carried out with printed laboratory materials designed in accordance with 5E model: Reflection of light and image on a plane mirror,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 11, no. 6, pp. 1677–1695, 2015, doi: 10.12973/eurasia.2015.1496a.
D. Kaltakci-Gurel, A. Eryilmaz, and L. C. McDermott, “Identifying pre-service physics teachers’ misconceptions and conceptual difficulties about geometrical optics,” Eur. J. Phys., vol. 37, no. 4, p. 045705, Jul. 2016, doi: 10.1088/0143-0807/37/4/045705.
S. Grusche, “Developing students’ ideas about lens imaging: teaching experiments with an image-based approach,” Phys. Educ., vol. 52, no. 4, p. 044002, Jul. 2017, doi: 10.1088/1361-6552/aa6d27.
I. Diah Kurniawati and dan Sekreningsih Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” 2018. [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick.
Q. Ainiyah, L. Yuliati, dan P. Parno, A. X. Penguasaan Konsep dan Kesulitan Belajar Materi Alat-Alat Optik pada Siswa Kelas MAN Tuban, J. Riset Pendidikan, and A. X. Penguasaan Konsep dan Kesulitan Belajar Materi Alat-Alat Optik pada Siswa Kelas MAN Tuban Q Ainiyah, “JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika),” J. Ris. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, pp. 24–29, 2020, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/.
M. Y. . Suranti, G. Gunawan, and H. Sahidu, “Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik,” 2016.
Z. Ansori, W. Wartono, and S. Sutopo, “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Optika Geometri,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., 2018.
H. Haeroni, S. Susilawati, and S. Rahayu, “Remediasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Optik Dengan Teknik CRI Modifikasi Melalui Model Learning Cycle 5E,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 5, no. 1, p. 83, May 2019, doi: 10.29303/jpft.v5i1.835.
R. D. H. Rifqie Ardiansyah, Sri Wahyuni, “Pengembangan Bahan Ajar berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) Dalam Pembelajaran Fisika Bab Alat Optik di SMA,” J. Pendidik. Fis., 2012.
R. D. Handayani, “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik berbasis Mobile-Learning pada Mata Kuliah Optik di FKIP Universitas Jember,” Ta’dib, 2016, doi: 10.31958/jt.v17i1.262.
M. Auliya and K. Kosim, “Pengembangan Modul Fisika Materi Optik dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Fenomena Alam untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa SMA,” J. PIJAR MIPA, 2017, doi: 10.29303/jpm.v12i2.344.
I. Sriwahyuni, E. Risdianto, and H. Johan, “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Alat-Alat Optik di SMA,” J. Kumparan Fis., 2019, doi: 10.33369/jkf.2.3.145-152.
W. Oktaviani and S. Gunawan, “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa,” 2017.
P. Yoanita et al., “Unnes Science Education Journal Pengembangan E-Diagnostic Test untuk Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Tema Optik Dan Penglihatan Info Artikel Sejarah Artikel,” 2015, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej.
Marsandi, S. Kusairi, and H. Suwono, “Pengembangan Asesmen Formatif pada Materi Indra Penglihatan dan Alat Optik,” 2016.
A. Syarif, D. T, and Hamdani, “Remediasi Miskonsepsi Cermin Datar Menggunakan Learning Cycle 5E Berbantuan LKS Concept Cartoons Di SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 6, p. 6, 2016.
I. H. Wenno, “The Correlation Study of Interest at Physics and Knowledge of Mathematics Basic Concepts towards the Ability to Solve Physics Problems of 7th Grade Students at Junior High School in Ambon Maluku Province, Indonesia,” Educ. Res. Int., vol. 2015, pp. 1–6, 2015, doi: 10.1155/2015/396750.
C. T. Kereh, P. C. Tjiang, and J. Sabandar, “The Correlation Between Students’ Mastery on Basic Mathematics and Their Mastery on Introductory Nuclear Physics,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 10, no. 2, pp. 140–149, 2014, doi: 10.15294/jpfi.v10i2.3350.
A. Quale, “On the Role of Mathematics in Physics: A Constructivist Epistemic Perspective,” Sci. Educ., vol. 20, no. 7, pp. 609–624, 2011, doi: 10.1007/s11191-010-9257-8.
K. Niami and G. Kosim, “Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik,” 2018.
S. Arikunto, "Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan". Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i1p47-54
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ani Rahmawati
View My Stats
Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: