Mengungkap Kreatifitas Siswa melalui Pembuatan Alat Peraga Sederhana pada Materi Fluida Dinamis Siswa SMA

Ninda Yera Setyo Nainggolan, Sutikno Sutikno, Suharto Linuwih

Abstract


This study aims to see the level of creativity of students in making dynamic fluid material props. Subjects who were given treatment were 11th-grade students of the 2019/2020 academic year at MA Nudia in Semarang City. The method used is a quantitative method with the instrument used, namely a questionnaire given via Google form. The questionnaire analysis was prepared based on William's creative indicators. These indicators are creative person, creative process, and creative product. The results of the assistance obtained are personal indicators that get creative predicate, indicators that get very creative predicate, creative indicators that get creative predicate, and product indicators that get very creative predicate. Of the four hands, it can ignore that the subject-categorized as very innovative and creative in students can be seen using simple teaching aids on dynamic fluid material.


Keywords


creativity, dynamic fluid, props

Full Text:

PDF

References


S. Hartini, D. Dewantara, and S. Mahtari, “PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA ENERGI MELALUI PERKULIAHAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING,” Vidya Karya, vol. 33, no. 1, 2018, doi: 10.20527/jvk.v33i1.5393.

N. Nasaruddin, “Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v3i2.232.

L. Rivaldo, M. R. A. Taqwa, and T. Taurusi, “Resources Siswa SMA tentang Konsep Gaya Archimedes,” J. Pendidik. Fis. Univ. Muhammadiyah Makassar, vol. 6, no. 3, pp. 251–258, 2018.

M. Masyruhan, U. Pratiwi, and Y. Al Hakim, “PERANCANGAN ALAT PERAGA HUKUM HOOKE BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 6, no. 2, 2020, doi: 10.32699/spektra.v6i2.145.

S. Andriyani, A. Rosdiana, and A. Ariyanto, “CAPASITY BUILDING GURU RA ASY-SYAFI’IYYAH PEKALONGAN JEPARA MELALUI EDUKASI APE SOFTBOOK (BUKU BANTAL) BERBAHASA INGGRIS DARI SPONS ATI,” J-ABDIPAMAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, 2017, doi: 10.30734/j-abdipamas.v1i1.75.

R. D. Masturoh, M. Sudarmi, and D. Noviandini, “Barang Bekas di Sekitarku (BARBEKU) Sebagai Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Hukum III Newton,” J. Sains dan Edukasi Sains, vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.24246/juses.v2i1p16-25.

N. Nasaruddin, “Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 3, no. 2, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v3i2.232.

R. Pramesty and - Prabowo, “PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KIT FLUIDA STATIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MOJOSARI, MOJOKERTO,” Inov. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 3, 2013.

S. Prihatiningtyas and I. A. Putra, “Rekonstruksi alat peraga fluida dinamis berbasis pendekatan sainstekmas terhadap kemampuan psikomotor mahasiswa,” Pros. Semin. Nas. Fis. 2018, 2018.

F. T. Wahyuningsih, Y. Al Hakim, and A. Ashari, “Pengembangan Alat Peraga Pengukur Debit Air Menggunakan Sensor Flow Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fluida,” Radiasi J. Berk. Pendidik. Fis., vol. 12, no. 1, 2019, doi: 10.37729/radiasi.v12i1.31.

S. Ayub, H. Hikmawati, N. N. S. P. Verawati, and M. Zuhdi, “PENGEMBANGAN KIT FLUIDA ALTERNATIF YANG BERASAL DARI SAMPAH ANORGANIK UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, 2019, doi: 10.31764/orbita.v5i2.1185.

P. Nuraini, S. Subiyanto, and N. N. Yuhenita, “MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN INOVASI MELALUI PERMAINAN MAKE SOMETHING BEAUTIFUL,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.33330/jurdimas.v3i2.490.

Ms. Nur Hikmatul Auliya et al., 2020. METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF. Yogyakarta. Pustaka Ilmu.

S S. M. Farihatun and Rusdarti, “Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 8, no. 2, 2019.

Syafruddin, “Analisis Kreatifitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi,” J. Pendidik. MIPA, vol. 10, no. 2, pp. 111–115, 2020, doi: 10.37630/jpm.v10i2.382.

S. Sumiyati, “HUBUNGAN ANTARA KREATIFITAS DENGAN KINERJA GURU KIMIA SMA DI JABODETABEK,” J. Din. Pendidik., vol. 11, no. 1, 2018, doi: 10.33541/jdp.v11i1.797.

I. Irmeilyana, N. Ngudiantoro, A. K. Affandi, A. Setiawan, and Y. Windusari, “PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA, IPA, DAN SENI BAGI PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN KREATIFITAS ANAK DI KECAMATAN PEMULUTAN BARAT KABUPATEN OGAN ILIR,” J. Vokasi, vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.30811/vokasi.v4i1.1578.

E. J. S. W. Al-Idrus, S. Hadisaputra, “Pendekatan Green Chemistry dalam Modul Praktikum Kimia Lingkungan untuk Meningkatakan Kreatifitas Mahasiswa Calon Guru Kimia,” Chem. Educ. Pr., vol. 3, no. 2, p. 69, 2020.

B. N. Astini, N. Nurhasanah, and H. Nupus, “Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa,” J. Pendidik. Anak, vol. 8, no. 1, 2019, doi: 10.21831/jpa.v8i1.26760.

A. N. Laila and O. R. Candraloka, “Pemanfaatan Potensi Alam sebagai Alat Permainan Edukatif di PAUD Delima Jobokuto Jepara,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 1, p. 76, Apr. 2019, doi: 10.26877/e-dimas.v10i1.2883.

S. W. Al-Idrus, S. Hadisaputra, and E. Junaidi. “Pendekatan Green Chemistry Dalam Modul Praktikum Kimia Lingkungan Untuk Meningkatakan Kreatifitas Mahasiswa Calon Guru Kimia.” Chem. Educ. Pract., vol. 3, no. 2, 2020, p. 69.

B. Priambodo, A. Listiara, T. P. Astuti. “Pengaruh Dari Problem Posing Method Terhadap Kreativitas Verbal Siswa Smp Kelas Vii.” Jurnal Psikologi, vol. 12, no. 2, 2013, pp. 109–20, doi:10.14710/jpu.12.2.109-120.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i2p101-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ninda yera setyo nainggolan, Sutikno Sutikno, suharto linuwih



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: