Pengembangan Modul Fisika Berbasis Guided Inquiry pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X
Abstract
Untuk meningkatkan kemampuan siswa di bidang sains diperlukan penggunaan modul berbasis guided inquiry. Berdasarkan analisis modul di lapangan, modul yang ada belum sesuai. Hasil wawancara guru fisika SMA diperoleh bahwa penggunaan modul sangat dibutuhkan. Sebanyak 88,9% siswa merasa lebih memahami fisika melalui praktikum dan 76,7% siswa memilih bahan ajar yang berisi rangkuman materi, praktikum, dan latihan soal beserta pembahasan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall sampai tahap ketujuh. Berdasarkan hasil uji kelayakan isi dan penyajian oleh ahli serta uji coba terbatas oleh 34 siswa SMA kelas X diperoleh hasil bahwa modul yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA/MA kelas X pada materi suhu dan kalor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
S. Karamustafaoğlu, “Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams,” Eurasian J. Phys. Chem. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 26–38, 2011.
N. Gultepe, and Z. Kilic, “Effect of Scientific Argumentation on the Development of Scientific Process Skills in the Context of Teaching Chemistry,” Int. J. Environ. Sci. Edu., vol. 10, no. 1, pp. 111–132, 2015.
N. Hırça, N., “The Influence of Hands on Physics Experiments on Scientific Process Skills According to Prospective Teachers’ Experiences 1,” Europ. J. Phys. Edu., vol. 4, no. 1, pp. 6–14, 2017.
H. E. Abungu, M. I. O. Okere, and S. W. Wachanga, “The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya,” J. Educ. Soc. Res., vol. 4, no. 6, pp. 359–372, 2014.
M. G. Nugraha, S. Utari, D. Saepuzaman, and F. Nugraha, “Redesign of Students’ Worksheet on Basic Physics Experiment Based on Students’ Scientific Process Skills Analysis in Melde’s Law,” J. Phys.: Conf. Ser., vol. 1013, no. 1, p. 012038, 2018.
T. M. Putri, “Implementation of Inquiry Learning Model with Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Strategy to Rehearse Students Process Skill in Chemical Bonding Matter,” UNESA J. Chemic. Edu., vol. 5, no. 1, pp. 128–133, 2016.
P. Suwasono, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Fisika Angkatan Tahun 2010/2011 Offering M Kelas G Melalui Penerapan Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing,” J. Fis. Pembelajarannya, vol. 15, no. 1, pp. 22–25, 2011.
A. Budiyono and H. Hartini. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA," Wacana Didaktika, vol. 4, no. 2, pp. 141–149, 2016.
P. H. Rachmadhani, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-MIA 1 SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung,” S.Pd. thesis, Department of Physics, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia, 2014.
A. O. Akinbola and F. Afolabi, “Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria,” American-Eurasian Journal of Scientific Research, vol. 5, no. 4, pp. 234–240, 2010.
R. O. Ongowo and F. C. Indoshi, “Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations,” Creative Edu., vol. 4, no. 11, pp.713–717, 2013.
K. L. Ting and N. M. Siew, “Effects of Outdoor School Ground Lessons on Students' Science Process Skills and Scientific Curiosity,” J. Edu. Learn., vol. 3, no. 4, pp.96–107, 2014.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2008.
N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
C. J. Wenning, “The Levels of Inquiry Model of Science Teaching,” Journal of Physics Teacher Education Online, vol. 6, no. 2, pp. 9–16, 2011.
M. K. Arief, “Penerapan Levels of Inquiry pada Pembelajaran IPA Tema Pemanasan Global untuk Meningkatkan Literasi Sains,” Edusentris, vol. 2, no. 2, pp.166–176, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v5i1p65-68
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Riset Pendidikan Fisika
View My Stats
Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: