Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan E-Book Interaktif untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Sains Momentum dan Impuls Peserta Didik

Rattila Arinal Haque, Saeful Karim, Ika Mustika Sari

Abstract


 

Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas model flipped classroom berbantuan e-book interaktif dalam meningkatkan kompetensi literasi sains momentum dan impuls peserta didik. Penelitian ini menerapkan metode quasi experiment design dengan pretest-posttest control group design menggunakan sampel penelitian peserta didik kelas X IPA 1 dan 2 di salah satu SMAN Kota Sukabumi. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu tes kompetensi literasi sains 30 soal uraian, LKPD melatihkan kompetensi literasi sains, lembar angket dan lembar observasi mengetahui gambaran keterlaksanaan model flipped classroom berbantuan e-book interaktif. Hasil analisis penelitian menunjukkan kelas eksperimen hampir seluruh kegiatan terlaksana dengan semua kompetensi literasi sains dilatihkan, sedangkan kelas kontrol menunjukkan seluruh kegiatan terlaksana, tetapi hanya kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah yang dilatihkan. Hasil analisis menggunakan n-gain dengan hasil kelas eksperimen tergolong kategori tinggi dan kelas kontrol tergolong kategori sedang. Penerapan model flipped classroom berbantuan e-book interaktif pada kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan kompetensi literasi sains peserta didik. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Keywords


Flipped Classroom; E-Book Interaktif; Kompetensi Literasi Sains; Momentum dan Impuls

Full Text:

PDF

References


S. N. Pratiwi, C. Cari, and N. S. Aminah, “Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa,” J. Mater. dan Pembelajaran Fis., vol. 9, pp. 34–42, 2019.

A. R. Setiawan, S. Utari, and M. G. Nugraha, “Mengonstruksi Rancangan Soal Domain Kompetensi Literasi Saintifik Siswa Smp Kelas Viii Pada Topik Gerak Lurus,” WaPFi (Wahana Pendidik. Fis., vol. 2, no. 2, p. 44, 2017, doi: 10.17509/wapfi.v2i2.8277.

L. Hewi and M. Shaleh, “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini),” J. Golden Age, vol. 4, no. 01, pp. 30–41, 2020, doi: 10.29408/jga.v4i01.2018.

N. H. Fitriani, I. M. Sari, and W. Liliawati, “Literasi Sains Siswa SMP Kota Bandung Pada Tema Pencemaran Lingkungan,” Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. pp. 381–386, 2016.

A. Toharudin, Uus., Hendrawati, Sri., Rustaman, Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora, 2011.

OECD, PISA 2015 Draft Science Framework. 2013.

A. Hobson, “The Surprising Effectiveness of College Scientific Literacy Courses,” Phys. Teach., vol. 46, no. 7, pp. 404–406, 2008, doi: 10.1119/1.2981285.

Y. Yuliati, “Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa,” J. Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 2, pp. 21–28, 2017, doi: 10.31949/jcp.v3i2.592.

N. Hendracipta, “Menumbukan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri,” JPSD, vol. 2, pp. 109–116, 2016.

W. Oviana, “Pemahaman Hakekat Sains dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran Sains,” in Journal of Chemical Information and Modeling, 2015, pp. 485–490.

M. K. Arief and S. Utari, “Implementation of Levels of Inquiry on Science Learning To Improve Junior High School Student’S Scientific Literacy,” Indones. J. Phys. Educ., vol. 11, no. 2, pp. 117–125, 2015, doi: 10.15294/jpfi.v11i2.4233.

H. Harosid, “Kurikulum 2013 Revisi 2017,” Tersedia di https//Scribd. com. Diakses pada tanggal, 2018, [Online]. Available: http://www.academia.edu/download/57483723/GAMBARAN_UMUM_K13_REVISI_2017.pdf.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi kurikulum.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah,

OECD, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. 2019.

S. A. Garza, “Communications in Information Literacy,” Inf. Lit. Instr., vol. 8, no. 1, pp. 7–22, 2014, doi: 10.1533/9781780632841.

R. Safytri, Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Whattsapp Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Jarak JAUH (PJJ0. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)., 2020.

U. Yousufi, “An Integrative Review of Flipped Classroom Model,” Am. J. Educ. Res., vol. 8, no. 2, pp. 90–97, 2020, doi: 10.12691/education-8-2-4.

S. Suharno, “Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Pembelajaran Daring Sosiologi Di Masa Pandemi Covid-19 Kelas X.Ips Sma Negeri 1 Juwana Kab. Pati Tahun 2020,” IJTIMAIYA J. Soc. Sci. Teach., vol. 4, no. 2, p. 120, 2020, doi: 10.21043/ji.v4i2.8571.

A. V. Pinontoan, K. F., Walean, M., & Lengkong, “Pembelajaran Daring Menggunakan E-modul pada Flliped Classroom Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dan Intensi Berwirausaha,” JINOTEP (Jurnal Inov. Teknol. Pembelajaran) Kaji., vol. 8, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.17977/um031v8i12021p001.

Y. Pujilestari, “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19,” Adalah, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2020, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199.

S. Singh and A. Arya, “A Hybrid Flipped Classroom Approach for Online Teaching of Biochemistry in Developing Countries During Covid-19 Crisis,” Biochem. Mol. Biol. Educ., vol. 48, no. 5, pp. 502–503, 2020, doi: 10.1002/bmb.21418.

S. Fajar, N., & Putri, “Pengaruh Penerapan Service Learning Berbasis Flipped Classroom Terhadap Kesadaran Metakognitif dan Literasi Sains,” BIOEDUSAINS J. Pendidik. Biol. Dan Sains, vol. 3, pp. 75–84, 2020, doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1584.

W. Susanti, A. Supena, and U. Cahyana, “Effect of Flippeed Classroom Models and Creative Thinking of Science Literation Students,” J. Nonform. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 51–60, 2020, doi: 10.15294/jne.v6i1.23936.

B. A. Firdausy and Z. K. Prasetyo, “Improving Scientific Literacy Through an Interactive E-book: A Literature Review,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1440, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1440/1/012080.

A. Hidayat, A. Suyatna, and W. Suana, “Pengembangan Buku Elektronik Interaktif Pada Materi Fisika Kuantum Kelas Xii Sma,” J. Pendidik. Fis., vol. 05, no. 02, pp. 87–101, 2017.

G. Clarisa, A. Danawan, M. Muslim, and A. F. C. Wijaya, “Penerapan Flipped Classroom dalam Konteks ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Membangun Sustainability Awareness Siswa,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 3, no. 1, p. 13, 2020, doi: 10.24014/jnsi.v3i1.8953.

H. Ahyar et al., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. 2020.

J. W. Creswell, Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, Fourth Edition., 4th ed. Boston: Pearson, 2012.

M. Chandra, Penggunaan Website Dalam Model Perubahan Konseptual Dengan Setting Kooperatif Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Teori Kinetik Gas. (Tesis). Bandung: Program Studi Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia., 2014.

W. Lati, S. Supasorn, and V. Promarak, “Enhancement of Learning Achievement and Integrated Science Process Skills Using Science Inquiry Learning Activities of Chemical Reaction Rates,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 46, pp. 4471–4475, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.279.

R. R. Hake, “Analyzing change/gain scores,” 1999, doi: 10.24036/ekj.v1.i1.a10.

F. Yulietri, Mulyoto, and L. A. S, “Model Flipped Classroom Dan Discovery Learning,” Teknodika, vol. 13, no. 2, pp. 5–17, 2015.

A. Djamarah, S. B., & Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

U. P. I. Setiawan, R., Permana, P., & Deutschabteilung, Pengantar statistik. Bandung, 2005.

Y. Janatin, A. Hamid, R. Wahyu, and Y. Putra, “Upaya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dengan menggunakan pembelajaran model flipped classroom,” Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. UIN Raden Intan Lampung, vol. 2, no. 1, pp. 125–139, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i2p108-117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rattila Arinal Haque, Saeful Karim, Ika Mustika Sari



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: