Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan ICT Terhadap KemampuanPemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan Tahun 2016/2017 Pada Materi Fluida Statis
Abstract
Abstrak
Katalog FMIPA UM tahun 2015 dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis pada Mahasiswa Pendidikan Fisika menjadi landasan latar belakang penelitian ini. Berdasarkan kajian pustaka yang telah dilakukan maka perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh PBL berbantuan ICT terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan tahun 2016/2017 pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah experiment quasy dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Instrumen kemampuan pemecahan masalah diukur dengan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang dibelajarkan dengan model PBL berbantuan ICT lebih tinggi daripada mahasiswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa PBL berbantuan ICT berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan tahun 2016/2017 pada materi fluida statis.
Kata Kunci: Problem Based Learning, ICT, Kemampuan Pemecahan Masalah, Fluida Statis.Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v1i1p28-32
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Riset Pendidikan Fisika
View My Stats
Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: