Penerapan Blog Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Ilmiah Calon Guru Fisika

Khusaini Khusaini

Abstract


Abstract

Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai peranan blog refleksi untuk membatu mahasiswa calon guru fisika dalam berpikir kritis dan ilmiah. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa calon guru fisika dijurusan fisika FMIPA UM yang sedang menempuh perkuliahan penilaian formatif. 36 responden yang terpilih secara random terlibat dalam penelitian ini. Studi ini menggunakan tugas menulis blog sebagai bahan refleksi mahasiswa selama belajar pada perkuliahan. Mahasiswa pada awalnya masih belum terbiasa menggunakan referensi, memberikan cuplikan yang tepat, serta, masih belum sistematis dalam melakukan kegiatan penulisan secara ilmiah dan kritis. Mahasiswa juga masih belum terbiasa untuk memberikan evaluasi terhadap jurnal yang dibaca serta membandingkannya dengan kenyataan yang dialami. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mengalami peningkatan cara menulis secara ilmiah berupa kemampuan memberi cuplikan dan referensi yang sesuai dengan kaidah ilmiah setelah melakukan tugas penulisan blog refleksi dan mendapatkan balikan dari dosen. Mahasiswa juga dilatih untuk menentukan permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran fisika yang mereka temui serta berusaha mencari solusi dengan menggabungkan antara pemahaman selama perkuliahan dan usaha pencarian solusi melalui buku dan jurmal ilmiah sebagai latihan berpikir kritis dan ilmiah.

Kata Kunci: Refleksi Blog, Berpikir kritis, Berpikir ilmiah, calon guru fisika.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v1i1p22-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Riset Pendidikan Fisika



View My Stats


Journal Riset Pendidikan Fisika is indexed by: